Rabu, 18 Februari 2015

Soal JavaScript, Tizen lebih cepat daripada Android dan Firefox OS


Dibangun berdasarkan sistem operasi (OS) Tizen yang ringan, Samsung mengklaim bahwa smartphone Z1 menawarkan peningkatan kinerja web lewat loading halaman web yang lebih cepat buat pengguna dengan penurunan penggunaan data. Berdasarkan pengujian benchmark, kinerja JavaScript pada browser web di Samsung Z1 berhasil mengalahkan perangkat Android dan Firefox OS untuk segmen pasar yang sama, atau bahkan diatasnya.

SunSpider adalah tool benchmark untuk menilai kinerja JavaScript dari suatu perangkat. Benchmark ini menguji inti bahasa pemrograman JavaScript saja, bukan DOM atau browser API lainnya. Tool ini dirancang untuk membandingkan versi yang berbeda dari browser yang sama, dan browser yang berbeda antar satu sama lain.

Berdasarkan data benchmark dari SunSpider 1.0.2 milik Arstechnica, kinerja JavaScript di Samsung Z1 menggungguli Micromax Canvas A1 yang menggunakan Android One (Android v5.0 Lollipop) dan Motorola Moto E yang juga menggunakan OS Android Lollipop. Padahal untuk spesifikasi hardware, baik Micromax A1 dan Moto E lebih unggul dengan prosesor quad-core dan memori RAM 1GB, sementara kita tahu Samsung Z1 cuma memiliki prosesor dual-core dan RAM 768MB.

Jika dibandingkan dengan smartphone premium LG Nexus 5, tentu saja Z1 masih kalah jauh.


Sementara jika dibandingkan dengan smartphone LG Fx0 untuk operator KDDI Jepang yang menjalankan Firefox OS, Samsung Z1 juga masih unggul. Berdasarkan data dari pengujian SunSpider 1.0.2 yang dilakukan oleh Makoto, seorang pengembang open source dari komunitas Mozilla Jepang, Samsung Z1 unggul hampir di setiap item pengujian. Jika dibandingkan dari spesifikasi hardware, LG Fx0 yang dijual dengan harga 50 ribu yen (sekitar 5,4 juta rupiah) jauh lebih unggul dengan prosesor quadcore dan RAM 1,5GB.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar