Senin, 24 Juli 2017

Samsung investasi pada pengembangan Smart Sound


Samsung NEXT, divisi investasi milik Samsung Electronics yang mengelola modal ventura $150 juta untuk membina dan menjalin kemitraan strategis dengan startups global, telah berinvestasi di Mobidoo. Mobidoo adalah startup yang merintis pengembangan berbagai solusi dengan menggunakan teknologi Smart Sound buat perusahaan global di lebih dari 5 negara.

Smart Sound adalah teknologi yang mentransmisikan informasi melalui suara. Smart Sound diciptakan untuk menghubungkan semua perangkat di dunia. Teknologi Smart Sound berisi dan mentransmisikan informasi atau konten apapun melalui suara yang tak terdengar yang memungkinkan koneksi semua peralatan rumah tangga dan juga smartphone. Tidak seperti NFC atau Bluetooth, tidak perlu perangkat keras atau perangkat tambahan yang diperlukan untuk mengaktifkan teknologi ini.

Mobidoo mengklaim bahwa teknologi Smart Sound sangat cepat karena akan bisa dikenali hanya dalam waktu 0,1 detik dalam jarak 10cm atau lebih dari 100m, dan juga akurat walaupun dalam lingkungan dengan tingkat kebisingan diatas 100dB. Dari sisi keamanan, Smart Sound telah dilengkapi dengan protokol enkripsi yang unik dan algoritma tokenisasi. Menurut Mobidoo, teknologi Smart Sound bisa digunakan untuk solusi pembayaran mobile, otentikasi, pemasaran dan Internet of Things (IoT).

Menurut sumber dari Korea, Samsung NEXT telah menanamkan investasi sebesar 1,5 miliar won (sekitar 18 miliar rupiah) buat startup yang didirikan tahun 2014 di Seoul ini. Jumlah ini lumayan besar mengingat Mobidoo adalah perusahaan kecil dengan jumlah karyawan hanya 7 orang. Selain Samsung, perusahaan lain yang menanamkan investasinya di Mobidoo antara lain Lotte Members Co. dan Capstone Partners, LLC.

Investasi ini juga menandai untuk pertama kalinya Samsung NEXT mengucurkan dananya buat startup asal Korea, karena sebelumnya perusahaan yang memiliki kantor pusat di Silicon Valley ini hanya mengincar perusahaan asal Amerika Serikat untuk diakuisisi seperti SmartThings, LoopPay dan VIV.

Sejak didirikan pada tahun 2012, Samsung NEXT yang sebelumnya bernama Samsung Inovasi Global Center telah memiliki 3 kantor di Amerika Serikat (San Fansisco, Mountain View, New York) dan Korea Selatan. Pada bulan September 2016, Samsung NEXT membuka cabang di Tel Aviv (Israel), di Berlin (Jerman) tahun ini dan akan terus diperluas di negara-negara yang merupakan rumah bagi startups potensial dengan teknologi baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar