Kamis, 22 Juni 2017

Tizen 4.0 M1 dirilis untuk menyatukan semua perangkat IoT


Milestone pertama (M1) dari Tizen 4.0 telah dirilis awal bulan ini, menandai titik balik baru untuk platform ini, yang saat ini merupakan OS embedded berbasis Linux paling sukses di dunia.

Dilengkapi dengan sejumlah fitur baru, Tizen 4.0 dikembangkan oleh Samsung dan pemimpin industri lainnya dengan dua tujuan: untuk memperkuat ekosistem aplikasi melalui pengalaman pengembangan yang lebih mudah dan untuk membangun ekosistem perangkat untuk membantu produsen perangkat membuat produk IoT mereka sendiri.


Pengalaman Pengembangan Baru untuk Ekosistem Aplikasi yang Diperkuat

Sementara banyak platform OS yang ada saat ini membatasi pengembangannya karena kerangka kerja, kebijakan atau model bisnis mereka, Tizen 4.0 bertujuan untuk mempromosikan inovasi dan perluasan ekosistem aplikasi dengan memberi lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas kepada pengembang.

Salah satu cara yang dicapai platform ini adalah melalui pengenalan .NET. Dengan .NET, pengembang Tizen dapat menikmati C#, bahasa pemrograman terkemuka dan terdepan di dunia dan salah satu standar library terkaya.

Selain itu, Samsung bekerja sama dengan Microsoft untuk mengembangkan Visual Studio Tools untuk Tizen, yang terintegrasi ke dalam Visual Studio, IDE (Integrated Development Environment) yang populer, dan Xamarin.Forms, toolkit UI lintas platform. Karena Xamarin.Forms mendukung lintas platform, pengembang dapat membuat UI native untuk Android, iOS dan Windows dari basis kode C# tunggal, dan dengan mudah memasarkan aplikasi ini ke Tizen.

Sejak mengumumkan kolaborasi dengan Microsoft di proyek open source .NET November lalu, Samsung telah dengan mantap meluncurkan versi preview dari Tizen.NET SDK untuk membantu pengembang membuat aplikasi yang lebih hebat dan untuk mendorong partisipasi mereka dalam pengembangan ekosistem aplikasi Tizen yang sedang berlangsung.

Tizen .NET saat ini mendukung Microsoft .NET Standard 2.0, dan akan menyediakan lingkungan pengembangan Tizen C# yang stabil dengan merilis Visual Studio Tools untuk Tizen v1.0 pada musim gugur ini.


Versi preview dari Tizen.NET oleh Samsung telah manarik banyak perhatian para pengembang di seluruh dunia, termasuk mereka yang menghadiri Microsoft Build Tour Seoul dan Tizen App Development Seminar di Universitas Konkuk di Korea Selatan awal bulan ini seperti pada foto diatas.

Voice Touch API dari Tizen 4.0 juga memberi kesempatan pengembang untuk menerapkan perilaku aplikasi yang bisa dikontrol lewat suara dan operasional web. Ini berarti bahwa ketika menggunakan perangkat berbasis Tizen, pengguna dapat menavigasi antara halaman Web atau mengontrol pemutaran musik dengan perintah suara.

Sensor Framework di platform Tizen 4.0 juga telah ditingkatkan sehingga pengembang dapat dengan mudah menentukan dan menggunakan sensor fisik apapun dalam aplikasi, seperti misalnya deteksi intrusi atau pengukuran polusi udara, hanya dengan memasang aplikasi dan driver perangkat tanpa harus mengupgrade firmware.


Membangun Ekosistem Perangkat IoT

Untuk membantu membangun ekosistem perangkat Tizen, Samsung bekerja sama erat dengan mitra untuk meningkatkan kemampuan konfigurabilitas, updatabilitas dan kesiapan IoT dari Tizen 4.0.

Hasilnya, Tizen telah direstrukturisasi secara signifikan. Dengan versi platform sebelumnya, hanya jenis perangkat "define" tertentu - yaitu TV dan smartphone - yang didukung. Tapi Tizen 4.0 telah dikonfigurasi untuk mendukung berbagai perangkat tanpa memerlukan proyek dan infrastruktur baru untuk setiap jenis perangkat.

Dengan kata lain, vendor sekarang dapat mengkonfigurasi dan purwarupa sebuah OS untuk perangkat mereka dengan Tizen tanpa memerlukan pengaturan infrastruktur sendiri atau membuat profil lainnya, atau membedakan kode sumber atau biner mereka.


Selanjutnya, lingkungan pengembangan Tizen 4.0 M1 telah disatukan dan struktur serta hubungan antara Tizen package telah direfleksikan secara signifikan.

Ketika Tizen 4.0 selesai pada akhir 2017, Platform Development Kit (PDK) akan didistribusikan untuk membantu pembuat perangkat dalam membuat perangkat IoT mereka sendiri, sementara Tizen Update Service akan membantu mereka memperbarui layanan IoT mereka.


Peningkatan Keamanan untuk Era IoT

Karena jumlah perangkat IoT terus bertambah, dan semakin banyak hal menjadi terhubung ke internet, keamanan menjadi sangat penting. Untuk memastikan bahwa Tizen 4.0 seaman mungkin, Samsung secara sistematis telah memperkuat proses pengembangan platform.

Sebagai contoh, perusahaan menggunakan alat analisis kode statis, mengencangkan review kode dan terus memantau kerentanan keamanan Tizen dan perangkat lunak open source terkait dan menambalnya secara teratur. Beberapa patch ini akan digabungkan dengan ketat dengan sistem pengkajian kode Tizen, dengan tujuan untuk mencegah kode yang rentan dilebur menjadi basis kode Tizen dari tahap pertama pengembangan.

Membangun di tonggak pertama platform Tizen 4.0, M1, fitur tambahan dari Tizen 4.0 akan diperkuat dan distabilkan selama paruh kedua tahun ini. Versi final Tizen 4.0 (M2) akan tersedia akhir tahun ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar