Rabu, 03 Mei 2017

Tizen 4.0 dan Tizen RT di Raspberry Pi dan Samsung ARTIK


Kurang dari dua minggu lagi Tizen 4.0 untuk pertama kalinya akan diperkenalkan kepada pengembang di acara Tizen Developer Conference (TDC) 2017. Samsung Electronics diharapkan akan menampilkan beberapa perangkat referensi yang menjalankan Tizen 4.0 dan Tizen RT pada tahun ini juga.

Lee Hyo-gun, Wakil Presiden Eksekutif Samsung Electronics dan Ketua Tizen Technical Steering Group, direncanakan akan membahas Tizen 4.0 saat menjadi pembicara utama di TDC 2017. Dan berdasarkan roadmap dari Tizen .NET, versi Public M1 dari Tizen 4.0 memang akan meluncur pada bulan Mei 2017, sementara versi Public M2 akan tersedia di bulan Oktober yang mungkin bertepatan dengan Samsung Developer Conference 2017.

Tizen RT, platform ringan berbasis RTOS buat perangkat Internet of Things (IoT) low-end yang diluncurkan akhir tahun lalu bersama dengan Tizen 3.0, untuk awalnya akan mendukung dua komputer papan tunggal Samsung ARTIK 053 dan sidk_s5jt200. Kedua perangkat ini untuk saat ini masih belum tersedia di pasar.

Selain itu, Tizen RT direncanakan juga akan diporting ke Raspberry Pi Zero W yang baru diluncurkan akhir Februari kemarin. Varian PC mini terbaru dari Raspberry Pi Foundation yang dijual dengan harga $10 ini menggunakan chip nirkabel Cypress CYW43438, CPU single-core 1GHZ, RAM 512MB, mini-HDMI, micro-USB OTG, 40-pin header, konektor kamera serta konektivitas Wi-Fi 802.11n dan Bluetooth 4.0.

Sedangkan Tizen 4.0 juga akan diporting ke Raspberry Pi dan Samsung ARTIK, namun hingga saat ini Samsung belum mengumumkan model mana yang akan menjadi target porting mereka. Sementara pihak Microsoft sebelumnya mengatakan bahwa versi ARM32 dari .NET Core sudah bisa digunakan di Raspberry Pi. Ini merupakan implementasi yang sedang dikerjakan oleh Samsung, Microsoft, dan komunitas untuk .NET Core 2.0, dan hanya akan tersedia buat Tizen.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar