Kamis, 25 Mei 2017

Samsung Z4 untuk Afrika akan memiliki spesifikasi berbeda?


Samsung Electronics diketahui akan merilis Samsung Z4 dengan spesifikasi yang berbeda untuk wilayah Afrika. Sejauh ini, Samsung telah mendaftarkan dua varian model smartphone Tizen yang berbeda untuk peredaran di pasar Afrika.

Yang pertama adalah Samsung Z4 dengan nomor model SM-Z400Y/DS. Sesuai dengan singkatannya, model ini dilengkapi dengan fitur Dual SIM (DS). Fitur lainnya hampir sama dengan Z4 dengan nomor model SM-Z400F/DS yang beredar di India, negara-negara Asia Selatan dan Indonesia, termasuk untuk baterai dengan kapasitas 2050mAh.

Dan yang kedua adalah Samsung Z4 dengan nomor model SM-Z400Y. Tanpa embel-embel DS dibelakangnya menandakan Z4 model ini hanya akan mengadopsi kartu SIM tunggal alias Single SIM. Berdasarkan data dari Federal Communications Commission (FCC) yang dirilis pada 22 Mei kemarin, model SM-Z400Y dilengkapi baterai dengan kapasitas 1500mAh, sama seperti Samsung Z2.

Seperti kita ketahui, spesifikasi Samsung Z4 dan Z2 secara umum tidak jauh berbeda, terutama untuk dapur pacunya alias prosesor atau SoC, memori RAM dan memori internal. Kalau Anda tidak percaya, bisa dicermati perbandingannya disini. Jadi penggunaan kapasitas baterai yang sama seharusnya tidak menjadi masalah, apalagi Tizen 3.0 diklaim lebih hemat daya dibanding versi sebelumnya.

Perlu juga diberi catatan disini bahwa model SM-Z400Y dan SM-Z400Y/DS belum tentu akan dipasarkan atau hanya dipasarkan di wilayah Afrika, tapi berdasarkan model sebelumnya SM-Z200Y (Samsung Z2) yang dipasarkan di Afrika Selatan, Kenya, Nigeria dan Ghana bisa jadi akan memiliki peta jalan yang sama.

Dengan dihilangkannya fitur Dual SIM, nampaknya Samsung ingin merilis varian Z4 Single SIM ini dengan harga lebih murah tanpa menghilangkan update fitur lainnya seperti layar 4,5-inci, dual kamera 5MP dengan dual flash dan desain kaca melengkung 2,5D. Sebelumnya saat meluncurkan Z4 di Tizen Developer Conference (TDC) 2017, Samsung juga menyebutkan bahwa Z4 akan memiliki varian Single SIM dan Dual SIM, namun tidak menyebutkan akan ada perubahan di spesifikasi lainnya.

Samsung Z4 dengan nomor model SM-Z400Y/DS telah mendapat sertifikasi dari Wi-Fi Alliance pada 25 April kemarin, dan saudaranya SM-Z400Y mendapatkannya lebih awal pada tanggal 3 April 2017. Sedangkan Bluetooth SIG menempatkannya bersama-sama dengan SM-Z400F/DS untuk sertifikat yang dikeluarkan tanggal 1 Maret 2017.


Khusus untuk wilayah Afrika, peredaran smartphone Tizen akan diperluas ke sebagian besar negara di Afrika mulai tahun 2017. Berdasarkan informasi dari Tizen Store Seller Office, akan ada 6 negara baru untuk pemasaran smartphone Tizen tahun ini di Afrika selain Afrika Selatan, Kenya, Nigeria dan Ghana yang sudah dicakup sejak Samsung Z2 tahun ini, yaitu Sudan, Kongo, Zambia, Mauritius, Senegal dan Mesir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar