Senin, 01 Mei 2017

Samsung bakal jadi perusahaan semikonduktor terbesar di dunia


Setelah hampir seperempat abad lamanya, industri semikonduktor bisa melihat pemasok baru yang menjadi no.1 di kuartal kedua tahun 2017. Jika harga pasar memori terus berlanjut atau meningkat hingga Q2 2017 dan sisa tahun ini, Samsung dapat mengisi posisi teratas dan menggantikan Intel, yang telah menduduki peringkat pertama sejak tahun 1993.

Dengan menggunakan panduan penjualan rentang pertengahan yang ditetapkan oleh Intel untuk Q2 2017, dan kenaikan penjualan yang sederhana namun khas pada Q2 sebesar 7,5% untuk Samsung, pemasok asal Korea Selatan ini akan menggeser Intel sebagai pemasok semikonduktor terbesar di dunia pada Q2 2017 (lihat gambar 1 diatas).

Jika tercapai, ini akan menandai pencapaian tonggak sejarah bukan hanya buat Samsung, khususnya, tapi untuk semua produsen semikonduktor yang saling bersaing satu sama lainnya yang telah bertahun-tahun mencoba menggantikan posisi Intel sebagai pemasok komponen terbesar di dunia. Pada Q1 2016, penjualan Intel 40% lebih besar dari pada Samsung, namun hanya dalam waktu satu tahun, kepemimpinan itu dapat terhapus dan Intel mungkin akan mengalami penurunan dalam penjualan kuartalan.


Peningkatan penjualan Samsung yang besar didorong oleh rata-rata kenaikan harga jual DRAM dan NAND flash yang mengejutkan (lihat gambar 2 diatas). Diharapkan bahwa kenaikan yang luar biasa pada harga DRAM dan NAND flash yang dialami sampai 2016 dan memasuki kuartal pertama 2017 akan mulai mendingin pada paruh kedua tahun ini, namun masih ada potensi berbalik yang solid untuk perkiraan saat ini sebesar 39% untuk pertumbuhan pasar DRAM selama tahun 2017 dan pertumbuhan 25% di pasar NAND flash.


Seperti yang ditunjukkan pada gambar 3 diatas, Intel tidak tergoyahkan sebagai produsen semikonduktor top dunia sejak tahun 1993 saat memperkenalkan prosesor x486 dan segera setelah itu, prosesor Pentium yang revolusioner, yang membuat penjualan komputer personal (PC) melonjak ke ketinggian baru.

Selama 24 tahun terakhir, beberapa perusahaan telah mempersempit kesenjangan penjualan antara mereka dan Intel, namun tidak pernah melampaui raksasa CPU ini. Jika harga memori tidak turun drastis dalam paruh kedua tahun ini, sangat mungkin Samsung bisa mengalahkan Intel dalam hasil penjualan semikonduktor setahun penuh juga. Saat ini, kedua perusahaan tersebut menghasilkan sekitar $60 miliar pada penjualan semikonduktor 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar