Kamis, 27 April 2017

Samsung Z4 akan fokus ke fitur kamera


Smartphone Tizen keempat Samsung SM-Z400 atau yang lebih dikenal dengan Samsung Z4 akan diposisikan untuk segmen menengah kebawah yang menyukai fotografi. Z4 akan menjadi smartphone pertama buatan Samsung Electronics yang dilengkapi dengan 3 LED flash sekaligus.

Dalam buku panduan berbahasa Inggris yang telah diterbitkan buat smartphone Samsung model SM-Z400F/DS dan SM-Z400Y buat wilayah India dan Afrika, terlihat adanya tiga lampu flash dengan penempatan yang berbeda buat dua kamera yang dimilikinya. Dua LED Flash yang besar terlihat mengapit kamera utama di belakang, masing-masing di kiri dan kanan, sementara satu lagi menemani kamera depan.

Sampai saat ini kita belum tahu spesifikasi kamera yang digunakan, namun penempatan tiga lampu flash yang tidak biasa ini tidak mungkin akan disandingkan dengan kamera yang kualitasnya biasa-biasa saja. Samsung memang pernah merilis smartphone dengan front flash dan dual LED flash, tapi belum pernah dengan 3 LED flash yang terpisah seperti Z4 ini.

Sementara data lainnya yang selama ini sudah kita ketahui dari sertifikasi FCC, Wi-Fi dan Bluetooth adalah sebagai berikut:
- Koneksi LTE, Bluetooth 4.0 BLE, Wi-Fi, GPS
- Dimensi 132,9 mm x 69,2 mm
- Baterai Li-Ion 2050mAh
- Dual SIM
- OS Tizen 3.0


Tren ponsel kamera

Kata 'fotografi' berasal dari ungkapan Yunani yang artinya 'melukis dengan cahaya.' Jadi lingkungan yang terang menjadi kebutuhan yang paling penting saat mengambil foto yang bagus. Tanpa jumlah cahaya yang cukup, warna-warna cerah akan berubah menjadi kegelapan dan menjadi sangat tidak mungkin untuk bisa menghasilkan foto berkualitas baik.

Dalam kondisi yang ideal, akan selalu ada pencahayaan yang cukup untuk mengambil foto yang berkualitas baik. Saat mengambil foto di luar ruangan, pencahayaan biasanya tidak menjadi masalah. Khususnya di tempat yang diterangi sinar matahari, biasanya ada cukup cahaya untuk mengambil foto berkualitas bagus.

Sayangnya, ada juga banyak kesempatan lain dimana pencahayaan tidak mencukupi untuk menghasilkan gambar berkualitas baik. Contoh terbaik adalah saat Anda memotret di malam hari atau dalam ruangan. Gambar yang muncul sering menjadi benar-benar gelap dan kurang detail, sehingga terkadang menjadi sulit untuk mengenali sesuatu yang ada di foto.

Ketika tidak cukup cahaya untuk mengambil foto berkualitas baik, sering kali kita perlu menambahkan sedikit cahaya sendiri. Ini adalah fungsi utama teknologi flash digunakan pada kamera, karena ini akan memberikan beberapa pencahayaan buatan agar Anda bisa memotret obyek yang diinginkan.

Jika sebelumnya banyak produsen smartphone hanya menempatkan lampu LED flash tunggal, tuntutan untuk menghasilkan foto yang lebih berkualitas membuat mereka kini menggandakan teknologi pencahayaan buatan ini. Setidaknya ada dua fungsi dari dual LED Flash dibanding single LED Flash, yaitu agar bisa memancarkan cahaya dua kali lebih banyak dan fungsi lainnya untuk membuat foto tampak lebih alami dengan teknologi dual tone. Dual tone memungkinkan dua LED flash untuk menyala dengan dua warna yang berbeda untuk mencoba menyesuaikan dengan suhu warna lingkungan disekitarnya.


Gempuran merek-merek China seperti Oppo dan Vivo yang mengandalkan kamera dan fitur selfie membuat Samsung Electronics juga mulai melirik tren ini untuk ditempatkan pada smartphone Tizen mereka. Hal ini sesuai dengan data dari China Academy of Telecommunication Research (CATR) yang masih menempatkan fitur kamera sebagai tren utama di pasar smartphone.

OS Tizen yang sebelumnya sudah teruji pada kamera digital yang sebenarnya dan digunakan pada seri mirroless Samsung NX juga akan banyak berperan disini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar