Sabtu, 04 Maret 2017

Aplikasi ebook open source FBReader telah tersedia di Tizen Store


Aplikasi pembaca ebook FBReader kini tersedia pada Tizen Store pada kategori Edukasi. FBReader adalah aplikasi pembaca ebook terpopuler didunia dengan lebih dari 20 juta instalasi pada berbagai macam perangkat, termasuk smartpone dan PC.

Nama FBReader dengan awalan FB berasal dari FictionBook, sebuah format e-book yang populer di Rusia, negara asal pembuatnya. Kelebihan utama dari FBReader selain dibuat secara 'free', 'open source' dan 'multi-platform', pembaca ebook ini juga bebas dari pelacakan page-view dan invasi terhadap privasi lainnya. Anda bisa membuat katalog sendiri dari hasil mengunduh buku secara gratis maupun berbayar.

Nikolay Pultsin adalah orang yang pertama kali membuat FBReader untuk seri perangkat Sharp Zaurus - sebuah PDA berbasis Linux - pada bulan Januari 2005. Porting pertama dilakukan pada bulan Desember 2005 untuk Nokia 770 yang menggunakan OS Maemo. Sejak itu, alat pembacaan ini telah memiliki paket biner yang dirilis untuk banyak platform berorientasi mobile dan untuk sebagian besar OS PC seperti Windows dan Linux.

Untuk kemudahan kompilasi lintas-platform, FBReader menggunakan zlibrary, sebuah library interface lintas-platform. Hal ini memungkinkan untuk mengkompilasi ulang untuk banyak platform sementara mengabaikan GUI-toolkit yang digunakan.

FBReader aslinya ditulis dalam bahasa pemrograman C++. Namun pada tahun 2007, sebuah forking yang disebut FBReaderJ ditulis dalam bahasa pemrograman Java. Hal ini yang kemudian mendasari versi aplikasi untuk Android yang mendukung aplikasi berbasis Java, sedangkan untuk platform lainnya termasuk Tizen masih tetap menggunakan basis kode aslinya dengan C++.

Porting untuk Tizen dilakukan oleh pengembang Alexander Kryzhanovsky, dan mendukung format ePub dan fb2 (termasuk fb2.zip). Untuk katalog jaringan serta sinkronisasi masih belum didukung untuk versi saat ini. Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik pada perangkat Samsung Z1, Z2, dan Z3 dengan OS Tizen 2.4 keatas.

Untuk menggunakan aplikasi ini Anda cukup menaruh buku di folder 'Documents' atau 'Downloads' di memori ponsel. Setelah itu Anda akan bisa menemukan buku Anda di 'Library' pada aplikasi.

Sedangkan source code dari porting ini (Tizen-FBReader) tersedia di Github di bawah lisensi GPL.

Info Teknis:
  • Judul Aplikasi: FBReader
  • Versi: 0.1.0 (1 Maret 2017)
  • Pengembang/Distributor: FBReader.ORG/Alexander Kryzhanovsky
  • Buat usia: Semua umur
  • Ukuran: 2,46MB
  • Kategori: Edukasi
  • OS: Tizen 2.4+
  • Bahasa: English
  • Izin akses perangkat: Mengakses folder media, mengakses penyimpanan eksternal
  • Rating: ****

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar