Kamis, 23 Februari 2017

Samsung luncurkan Exynos 9 dengan teknologi pemrosesan 10nm


Samsung Electronics hari ini mengumumkan peluncuran prosesor aplikasi (AP) premium terbaru, Exynos 9 Series 8895. Ini adalah chipset prosesor pertama Samsung yang mengambil keuntungan dari teknologi pemrosesan 10-nanometer (nm) FinFET tercanggih dengan memperbaiki struktur transistor 3D, yang memungkinkan kinerja hingga 27% lebih tinggi sementara mengkonsumsi daya 40% lebih sedikit jika dibandingkan dengan teknologi 14nm.

Exynos 9 Series 8895 baru adalah prosesor pertama dari jenisnya yang menanamkan modem LTE gigabit yang mendukung lima agregasi operator, atau 5CA. Teknologi ini menghadirkan aliran data yang cepat dan stabil max.1Gbps (Cat.16) downlink dengan 5CA dan 150Mbps (Cat.13) uplink dengan 2CA.

Exynos 8895 merupakan prosesor octa-core, yang terdiri dari empat core CPU generasi ke-2 yang dirancang khusus oleh Samsung untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi daya disamping empat core Cortex®-A53. Dengan teknologi Samsung Coherent Interconnect (SCI), prosesor terbaru ini mengintegrasikan arsitektur sistem heterogen yang memungkinkan komputasi yang lebih cepat untuk berbagai aplikasi seperti artificial intelligence, dan deep learning.


Exynos 8895 juga menghadirkan pengalaman multimedia yang tak tertandingi dengan GPU yang kuat dan multi-format codec (MFC) serta kinerja grafis 3D tingkatan berikutnya yang meminimalkan latency untuk 4K UHD VR dan pengalaman gaming dengan ARM Mali-G71 GPU terbaru.

Selain itu, dengan MFC canggih, prosesor mendukung perekaman video dan pemutaran pada resolusi maksimum 4K UHD di 120fps. Prosesor ini juga dilengkapi dengan teknologi pemrosesan video yang memungkinkan kualitas pengalaman dengan yang lebih tinggi melalui peningkatan kualitas gambar; misalnya, untuk aplikasi VR (Virtual Reality), Exynos 8895 menghadirkan pengalaman video VR yang realistis dan mendalam di resolusi 4K.

Exynos 8895 memiliki unit pengolahan terpisah untuk solusi keamanan yang diperlukan buat solusi pembayaran mobile yang menggunakan iris atau pengenalan sidik jari serta Vision Processing Unit (VPU) tertanam yang dapat mengenali dan menganalisa item atau gerakan untuk meningkatkan pelacakan video, panoramic image processing, dan teknologi machine vision.

"Selain dibangun pada teknologi pemrosesan 10nm FinFET yang paling canggih, Exynos 9 Series 8895 baru juga menggabungkan teknologi paling mutakhir Samsung termasuk custom CPU generasi ke-2, modem LTE gigabit, dan banyak lagi," kata Ben Hur, Wakil Presiden dari pemasaran Sistem LSI di Samsung Electronics. "Dengan teknologi terkemuka di industri seperti VPU, Exynos 8895 akan mendorong inovasi smartphone, headset VR, dan sistem infotainment otomotif generasi berikutnya."


Exynos 9 Series 8895 saat ini sedang dalam produksi massal.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar