Selasa, 28 Februari 2017

Layanan pesan Samsung RCS akan diperluas


Samsung Electronics hari ini mengumumkan rencananya untuk memperluas layanan pesan (messaging) Rich Communication Services (RCS) dengan menggunakan solusi NewNet Communication Technologies RCS yang baru saja diakuisisi. Layanan Samsung RCS adalah solusi lengkap end-to-end yang meliputi perangkat dengan RCS aktif, perangkat klien asli/download, aplikasi server RCS berbasis cloud, hub interkonektivitas antar operator dan platform monetisasi pihak ketiga.

Pengguna akan menikmati fitur pesan yang kaya seperti obrolan grup, panggilan video dan transfer file berukuran besar, sambil terus menggunakan nomor telepon mereka tanpa perlu aplikasi tambahan.

Samsung RCS cloud akan memungkinkan operator jaringan seluler untuk meluncurkan layanan mereka dengan cepat dan menghindari upaya mahal dan memakan waktu untuk membangun infrastruktur jaringan mereka sendiri. Selain itu, Samsung RCS hub akan mendukung dan mempermudah interkonektivitas di antara operator yang mengaktifkan RCS lainnya, Samsung dan RCS cloud pihak ketiga, yang memungkinkan untuk layanan ubiquity yang sama buat pengguna seperti SMS dan MMS.

Solusi Samsung RCS ini kompatibel dengan spesifikasi GSMA RCS terbaru. Sebagai solusi berbasis standar, Samsung RCS akan menjadi evolusi pesan yang sebenarnya pasca SMS/MMS, sehingga memungkinkannya untuk mencapai jejak global yang sangat cepat.

"Kami sangat bersemangat untuk bisa memperluas layanan pesan Samsung RCS," kata Park Yun-sang, SVP dari Product Service Innovation Strategy Group, Mobile Communications Business di Samsung Electronics. "Dengan penawaran baru ini, pelanggan mobile akan memiliki pengalaman messaging yang kaya yang dibangun langsung ke ponsel mereka. Solusi RCS baru kami, bersama dengan mitra operator jaringan seluler yang mendukung kami, akan membuat lebih mudah bagi ratusan juta pengguna di seluruh dunia untuk mengakses pesan RCS. Kami berterima kasih atas dukungan mitra kami dan berharap untuk memperluas jaringan kami di masa depan."


Samsung bekerja sama dengan beberapa mitra penyedia jaringan untuk memajukan ketersediaan pesan RCS, termasuk Deutsche Telekom, KT, SK Telecom, T-Mobile dan Vodafone. Sesuai dengan kebutuhan spesifik masing-masing mitra, solusi yang ditawarkan tidak hanya sebagai kemitraan yang dikemas secara penuh tetapi juga dalam berbagai pilihan modular. Lebih banyak mitra diharapkan untuk bergabung dalam waktu dekat.

"GSMA menyelaraskan industri mobile kedalam Profil Universal tunggal untuk pesan RCS canggih dan kita telah melihat sejumlah peluncuran dari operator yang signifikan," kata Alex Sinclair, Chief Technology Officer, GSMA. "Pendekatan ini menghadirkan pengalaman messaging yang lebih kaya dan lebih konsisten buat konsumen terlepas dari perangkat atau jaringan. Kami berharap untuk melihat profil ini menjadi standar industri de facto standar dalam waktu dekat."


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar