Rabu, 18 Januari 2017

Tizen 3.0 sudah tersedia buat pengembang


Tizen Technical Steering Group (TSG) hari ini merilis Tizen Studio 1.1.0. Dengan Tizen Studio versi terbaru, pengembang kini dapat membuat, debug, profile, dan menjalankan aplikasi native maupun web berbasis platform Tizen 3.0 buat perangkat mobile dan wearable.

Sejak dirilis pertama kali pada awal September tahun lalu, Tizen Studio adalah upaya untuk mengintegrasikan seluruh alat pengembangan aplikasi buat perangkat Tizen yang sebelumnya terbagi berdasarkan platform yang dipilih berdasarkkan Tizen SDK masing-masing demi kemudahan dan kenyamanan buat pengembang.

Versi awal dari Tizen Studio 1.0 dan update versi 1.0.2 yang dirilis akhir Desembaer tahun lalu masih ditujukan buat pengembangan aplikasi buat perangkat mobile berbasis OS Tizen 2.4 (Z1, Z2 dan Z3) dan perangkat wearable berbasis OS Tizen 2.3.1 (Gear S2) dan 2.3.2 (Gear S3). Seperti kita ketahui, sejak Tizen 2.3 SDK, pengembangan aplikasi native telah berganti dari C++ berbasis OSP Framework ke C berbasis EFL. Dan pengembang sejak awal juga bisa memanfaatkan lingkungan pengembangan aplikasi berbasis web dengan menggunakan JavaScript, HTML dan CSS.

Di Tizen Studio 1.1.0, pengembang bisa membuat aplikasi native untuk platform mobile dan wearable berbasis Tizen 3.0, selain OS Tizen versi dibawahnya yang didukung oleh Tizen Studio versi sebelumnya. Anda bisa mendownload Tizen Studio 1.1.0 disini, dan mengetahui fitur-fitur baru maupun perubahan fitur yang ada di Tizen Studio 1.1.0 lewat Release Notes yang bisa dibaca disini.

Disamping aplikasi native C dan web, Tizen 3.0 juga mendukung aplikasi berbasis C#. Samsung sebelumnya mengumumkan bahwa mereka telah bekerjasama dengan Microsoft untuk mengaktifkan dukungan .NET buat Tizen. Ini artinya pengembang kini juga bisa memanfaatkan Visual Studio Tools dari Microsoft untuk membuat aplikasi native buat perangkat Tizen.


Tizen 3.0 sebelumnya telah diluncurkan di acara Samsung Developer Conference (SOSCON) 2016 yang berlangsung pertengahan November kemarin di Seoul.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar