Selasa, 31 Januari 2017

Samsung mulai unggah Tizen packages ke NuGet


Sejak mengumumkan peluncuran dukungan .NET Core dan Visual Studio Tools buat sistem operasi (OS) Tizen saat berlangsungnya konferensi Microsoft Connect 2016 pada bulan November lalu di New York, Samsung Electronics aktif mengunggah Tizen packages ke NuGet.

NuGet adalah package manager buatan Microsoft dan .NET Foundation yang bersifat free dan open-source dan dirancang untuk platform pengembangan dari Microsoft. NuGet juga dapat digunakan dari baris command dan diotomatisasi dengan script. NuGet didistribusikan sebagai ekstensi buat Visual Studio, dan telah terpasang secara default sejak Visual Studio 2012. Sejak diperkenalkan pada tahun 2010, NuGet terus berkembang menjadi ekosistem pengembang yang besar.

Hingga artikel ini ditulis, Samsung telah mengirimkan total 34 Tizen packages ke NuGet. Samsung juga aktif mengupdate Tizen packages yang telah diunggah sebelumnya ke versi terbaru, seperti misalnya untuk Tizen.Applications, ElmSharp dan Xamarin.Forms.Platform.Tizen.


Windows 10 dan Tizen 3.0

Dukungan buat .NET atau aplikasi berbasis C# akan hadir sejak Tizen 3.0, dan versi terbaru ini akan lebih difokuskan lagi pada teknologi Internet of Things (IoT). Di CES 2016, Microsoft telah mengumumkan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan Samsung untuk pasar IoT dan Smart Home.

"Bersama dengan Samsung, kita berbagi visi bersama bagi jutaan dan jutaan perangkat dan semua 'Things' akan bisa berkomunikasi bersama-sama menggunakan protokol dan standar dalam ekosistem inklusif yang terbuka, yang akan memberikan inspirasi kreativitas bagi pengembang software, produsen perangkat, dan startup di seluruh dunia," kata Terry Myerson, wakil presiden eksekutif Microsoft Windows dan Device Group. "Demo kami di atas panggung menyoroti Windows 10 dan peralatan rumah tangga Samsung dengan teknologi IoT yang bisa bekerja sama melalui skenario potensi keterbukaan dan kolaborasi, menciptakan masa depan di mana orang memiliki lebih banyak pilihan dan akhirnya dapat menjadi lebih produktif di rumah."

Preview pertama dari Visual Studio Tools for Tizen mendukung pengembangan aplikasi mobile dengan emulator perangkat dan ekstensi Visual Studio dengan kemampuan IntelliSense dan debugging penuh. Dukungan untuk Smart TV, wearable, dan perangkat IoT lainnya akan ditambahkan dalam rilis mendatang. Dukungan .NET buat Tizen akan resmi dirilis dan dikirimkan pada perangkat Samsung, termasuk Smart TV, pada tahun 2017.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar