Jumat, 27 Januari 2017

Aplikasi messaging Telegram dirilis buat Tizen


Telegram adalah pengirim pesan instan gratis multi-platform yang berbasis cloud. Hari ini aplikasi client buat Telegram dirilis di Tizen Store, sehingga semua pengguna smartphone Tizen bisa mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker dan file dari jenis apa pun dengan lebih dari 100 juta pengguna Telegram diseluruh dunia.

Aplikasi Client for Telegram buat smartphone Tizen dikembangkan oleh pengembang independen KDF dan untuk penggunaannya terhubung langsung dengan browser default Samsung Internet di smartphone Tizen. Anda bisa melakukan login dan menjalankan semua layanan yang ditawarkan oleh Telegram secara aman hanya dari browser Samsung Internet. Namun belum semua layanan Telegram didukung oleh aplikasi client ini, seperti misalnya berbagi kontak maupun kalender belum bisa.



Akun Telegram

Akun Telegram terikat dengan nomor telepon dan diverifikasi melalui SMS atau panggilan telepon. Pengguna dapat menambahkan beberapa perangkat untuk akun mereka dan menerima pesan pada masing-masing perangkat. Perangkat yang terhubung dapat dihapus secara individual atau sekaligus. Nomor yang digunakan dapat diubah sewaktu-waktu dan ketika pengguna melakukan itu, kontak pengguna akan menerima nomor baru secara otomatis. Selain itu, pengguna dapat mengatur alias yang memungkinkan mereka untuk mengirim dan menerima pesan tanpa menyertakan nomor telepon mereka.

Metode otentikasi default yang digunakan oleh Telegram untuk login adalah otentikasi tunggal berbasis SMS. Semua yang dibutuhkan untuk masuk ke akun dan mendapatkan akses ke pesan berbasis cloud milik pengguna adalah kode akses satu kali yang dikirimkan melalui SMS ke nomor telepon pengguna.


Pesan berbasis cloud

Pesan bawaan Telegram adalah berbasis cloud dan dapat diakses pada setiap perangkat yang terhubung milik pengguna. Pengguna dapat berbagi foto, video, pesan audio dan file lainnya (hingga ukuran 1,5GB). Pengguna dapat mengirim pesan ke pengguna lain secara individu atau kelompok (group chat) sampai 5.000 anggota. Transmisi pesan ke server Telegram Messenger LLP dienkripsi dengan layanan protokol MTProto. Menurut kebijakan privasi Telegram, "semua data yang tersimpan telah dienkripsi dan kunci enkripsi dalam setiap kasus disimpan dalam beberapa DC lainnya di yurisdiksi yang berbeda. Dengan cara ini engineer lokal atau penyusup tidak akan bisa mendapatkan akses ke data pengguna".



Sticker

Sticker yang berbasis cloud, adalah gambar definisi tinggi yang dimaksudkan untuk menyatakan emoji yang lebih ekspresif. Ketika mengetik dalam emoji, pengguna ditawarkan untuk mengirim sticker yang sesuai sebagai gantinya. Sticker hadir dalam koleksi yang disebut "set", dan beberapa sticker dapat dikirimkan untuk satu emoji. Telegram datang dengan satu standar sticker set, namun pengguna dapat menginstal tambahan sticker set yang disediakan oleh kontributor pihak ketiga. Sticker set yang diinstal dari satu client menjadi otomatis tersedia untuk semua client lainnya.


Murah dan aman

Telegram adalah salah satu aplikasi messaging yang paling sederhana dan bisa menghemat biaya bandwidth data lewat penggunaan satu nomor kartu SIM untuk berbagai perangkat yang berbeda lewat Wi-Fi. Anda bisa melakukan private chat maupun membuat group chat dengan anggota hingga 5.000 orang.


Selain penggunaan yang aman lewat pesan yang terenkipsi, pesan yang terkirim tanpa disengaja juga bisa dibatalkan (cancel) sebelum sampai ke penerima. Fitur lain yang ada di Client for Telegram versi 1.0.1 adalah kemampuan untuk menyimpan catatan penting lewat sticky notes.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar