Rabu, 14 Desember 2016

Samsung Z2 gadget terpopuler di Indonesia selama 2016


Samsung Z2, smartphone Tizen pertama di Indonesia, menjadi produk teknologi yang paling banyak dicari oleh netizen di Indonesia berdasarkan data terbaru dari Google Trends yang diumumkan hari ini di The Gunawarman, Jakarta Selatan.

Google Indonesia hari ini menggelar acara tahunan untuk mengumumkan daftar penelusuran terpopuler mereka sepanjang tahun 2016 atau sering disebut Google Year in Search 2016. Dalam perhelatan khusus ini, Tony Keusgen, Country Director Google Indonesia, mengungkap topik, tokoh dan peristiwa apa saja yang terjadi sepanjang tahun 2016 yang terekam di Google, baik secara global maupun lokal di Indonesia.

Google Year in Search merupakan rangkuman peristiwa, tokoh, topik dan tempat yang menjadi perhatian sepanjang tahun. Ini merupakan agenda tahunan Google yang menyoroti triliunan pencarian yang dilakukan seluruh pengguna Google di seluruh dunia selama satu tahun.



Untuk kategori teknologi yang mencakup gim (game atau permainan), aplikasi dan gawai (gadget), Samsung Z2 menempati posisi teratas untuk topik yang paling banyak dicari di Google Indonesia selama tahun 2016. Berdasarkan data dari Google Trends yang bisa Anda lihat sendiri dibawah, pencarian untuk kata Samsung Z2 mulai banyak dilakukan oleh netizen Indonesia sejak bulan September dan mencapai puncaknya pada bulan November 2016. Saat itu, Samsung Z2 mulai tersedia di pasar Indonesia dan iklannya juga terus wara-wiri di saluran televisi nasional.



Google Trends juga mencatat bahwa tren pencarian soal Samsung Z2 tertinggi saat ini seperti saat artikel ini ditulis terjadi di wilayah Bengkulu, disusul oleh Pulau Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sedangkan berdasarkan kota, netizen yang mencari informasi soal Samsung Z2 paling banyak tinggal di Bandung, Surabaya, Balikpapan, Jakarta dan Samarinda.



Popularitas Samsung Z2 di kalangan netizen Indonesia juga berimbas pada beberapa kata yang berhubungan. Data Google Trends mencatat ada peningkatan yang signifikan untuk kata "samsung z2 tizen", "tizen os", "tizen - operating system" dan "samsung z1" yang berada di peringkat 10 besar topik dan kueri yang berhubungan.

Untuk tahun lalu, Samsung Indonesia berhasil memasukkan Samsung Galaxy A, Samsung Galaxy J5, Samsung Galaxy J1 dan Samsung Galaxy V dalam pencarian terpopuler untuk kategori gadget selama tahun 2015. Namun untuk tahun ini, Samsung Z2 menjadi satu-satunya pahlawan mereka di tengah serbuan merek ponsel China seperti Oppo, Xiaomi dan Vivo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar