Sabtu, 31 Desember 2016

Kilas Balik Tizen 2016


Rangkuman peristiwa penting yang terjadi sepanjang tahun 2016 seputar Tizen yang terjadi diseluruh dunia.


JANUARI

Seperti biasa, dunia teknologi setiap tahunnya selalu diawali dengan pameran dagang produk elektronik terbesar Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat. Di CES 2016, Samsung Electronics meluncurkan line-up SUHD TV 2016 yang sudah dilengkapi teknologi IoT Hub, layar 10-bit Quantum dot dengan 1000 nit HDR dan desain melengkung tanpa bezel pertama di dunia. Samsung juga mengumumkan bahwa lebih dari 20 juta Tizen TV telah terjual selama 2015 dan sekaligus kembali mengukuhkan posisi Samsung sebagai produsen TV terbesar di dunia selama 10 tahun terakhir.

Selain Tizen TV 2016, Samsung juga meluncurkan merek baru untuk kategori lemari es yang sekaligus juga menjadi pusat dari segala kegiatan di dapur. Family Hub, kulkas pertama yang menjalankan OS Tizen, adalah perangkat multi-tasking canggih yang menghubungkan semua anggota keluarga, mengatur bahan makanan dan tugas-tugas di rumah, serta bisa juga sebagai penyedia hiburan buat semuanya.




FEBRUARI

Di awal Februari Samsung meluncurkan TOAST, yaitu proyek open source yang memungkinkan pengembang untuk bisa membuat solusi multi-platform untuk semua aplikasi web buat Smart TV. TOAST tidak hanya menjangkau Tizen TV, tapi juga platform Samsung Smart TV yang lama dan webOS TV yang diusung oleh LG.

Disisi produk hardware, Samsung meluncurkan Samsung Connect Auto yang terhubung secara langsung melalui colokan ke port OBD II di bawah kemudi. Menggunakan penanda real-time untuk membantu pengguna meningkatkan perilaku mengemudi mereka, termasuk peningkatan efisiensi bahan bakar, sementara menawarkan koneksi Wi-Fi untuk menjaga penumpang selalu online saat on-the-go.




MARET

Di bulan Maret Samsung Electronics bekerjasama dengan Unity menyajikan game engine Unity 3D untuk Tizen di acara Game Developers Conference (GDC) yang diadakan di San Francisco, dan pengunjung pameran dapat mencoba demo Tizen Unity untuk smartphone Z1 dan Z3, serta untuk Samsung Smart TV.

Sementara beberapa perangkat Tizen yang diperkenalkan di CES 2016 seperti SUHD TV 2016, kulkas Family Hub dan varian baru dari Samsung Gear S2 mulai dirilis di pasar.




APRIL

Memasuki bulan keempat di tahun 2016, Tizen banyak terlibat dalam berbagai acara yang ditujukan buat pengembang aplikasi, diantaranya Unite Seoul 2016, konferensi pengembang global pengguna game engine Unity yang berlangsung selama dua hari di COEX, dan Russian Open Source Summit 2016 (ROSS 2016) yang diadakan di Moskow.

Sementara saat berlangsungnya Facebook Developer Conference atau F8, Facebook mengumumkan bahwa Samsung telah bekerja untuk mengembangkan React Native untuk Tizen sehingga pengembang bisa membuat aplikasi untuk perangkat Tizen dengan menggunakan framework dan library berbasis JavaScript ini.

Dan tidak ketinggalan yang terbesar Samsung Developer Conference 2016 (SDC 2016) yang diadakan di San Fransisco dan diikuti tidak kurang dari 4000 pengembang dari seluruh dunia. Di acara ini banyak sekali pengumuman dan peluncuran software baru yang terkait dengan OS Tizen, diantaranya platform keamanan Samsung Knox yang kini menjangkau semua perangkat IoT berbasis OS Tizen, sistem pembayaran baru Samsung Checkout on TV yang khusus diciptakan untuk pengalaman pada Tizen TV, dan Samsung ARTIK Cloud, platform pertukaran data terbuka yang dirancang untuk menghubungkan perangkat dan aplikasi IoT.




MEI

Di akhir Mei Samsung memperkenalkan model SUHD TV terbesar seri KS9800 yang hadir dalam tiga ukuran layar berbeda. masing-masing 88-inch (223cm), 78-inch (198cm), dan 65-inch (163cm). Dengan merilis tiga model TV baru ini, Samsung Electronics telah memperluas jangkauan pilihan bagi konsumen dalam berbagai ukuran layar untuk SUHD TV, yaitu 88-inch, 78-inch, dan 65-inch untuk seri KS9800; 78-inch, 65-inch, dan 55-inch (138Cm) untuk seri KS9500; 65-inch, 55-inch, dan 49-inch untuk seri KS8500 49-inci, serta 65-inch, 60-inch (152cm), 55-inch, dan 49-inch untuk seri KS8000.

Samsung juga mengumumkan bahwa mereka telah mengenalkan OS Tizen di berbagai universitas di 20 negara, diantaranya Amerika Serikat, China, India, Bangladesh Brazil dan Rusia. Dari berbagai negara itu, Tizen telah memiliki kelas khusus yang diajarkan secara rutin di 5 universitas.




JUNI

Setelah di Seoul, Tizen kembali hadir di konferensi pengembang game Unite Eropa yang diadakan di Amsterdam, dengan sekitar 3.000 peserta berkumpul untuk membahas tren terbaru dalam industri game dan prospek masa depan.

Sementara di pasar wearable, Samsung Electronics terus berekspansi dengan meluncurkan Gear Fit2 dan Gear IconX. Setiap produk dirancang disesuaikan dengan kebutuhan fitness dari konsumen, dan sudah termasuk fitur seperti teknologi pelacakan yang akurat dan pemutar musik mandiri untuk menyediakan pengguna dengan pengalaman fitness yang optimal.

Dan Tizen kembali menjadi sorotan di pameran dagang InfoComm 2016 yang berlangsung di Las Vegas Convention Center saat Samsung Electronics mengumumkan bahwa mulai tahun 2016, teknologi digital signage Samsung P Series baru akan menampilkan generasi keempat Samsung SMART Signage Platform (SSSP 4.0) yang telah disempurnakan yang didukung oleh OS Tizen.




JULI

Selama bulan Juli Samsung Indonesia bekerjasama dengan DailySocial dan Dicoding Indonesia mengadakan Samsung Tizen Developer Workshop di 6 kota besar di Indonesia untuk mengawali kompetisi tahunan Indonesia Next Apps 3.0 (INA 3.0) dengan total hadiah ratusan juta rupiah yang kali ini secara khusus menantang pengembang dan startup lokal untuk berinovasi memperkaya ekosistem Tizen di Indonesia.




AGUSTUS

Samsung Electronics akhirnya meluncurkan smartphone Tizen 4G pertama, Samsung Z2 di India. Didorong oleh keberhasilan Z1 dan Z3, dan mendorong atribut smart, fun dan simple dari platform Tizen, Samsung Z2 telah disesuaikan untuk menawarkan nilai yang unik buat konsumen India seperti pilihan Ultra Data Saving mode, S bike mode dan My Money Transfer baru, untuk mendorong adopsi smartphone.

Sebagai bagian dari peluncuran Z2, Samsung dan Unity mengadakan kompetisi Tizen App Challenge bagi pengembang Unity yang berhadiah total US$ 185.000 (sekitar 2,5 miliar rupiah) untuk diperebutkan selama 18 Agustus - 21 November 2016.

Di akhir bulan Samsung Electronics meluncurkan Gear S3 yang menggabungkan desain abadi seni pembuatan jam tangan tradisional dengan teknologi mobile terbaru, termasuk tahan air IP68, pembayaran mobile, konektivitas LTE, dan built-in speaker dan GPS, menjadikannya tambahan yang ideal untuk setiap koleksi jam tangan.




SEPTEMBER

Tizen SDK akan membuat awal yang baru sebagai Tizen Studio 1.0 mulai tanggal 1 September 2016, begitulah pengumuman Samsung di awal bulan September. Dengan menginstal Tizen Studio baru akan memungkinkan pengembang untuk memilih platform dan profil yang diperlukan, tidak seperti sebelumnya yang terpisah satu sama lain. Alat ini juga akan memungkinkan para pengembang untuk mengalami lingkungan pengembangan yang cepat dan stabil, serta UX dan UI baru.

Setelah India di bulan Agustus, Samsung Z2 dengan nomor model SM-Z200Y meluncur ke Afrika di bulan September, diantaranya ke Kenya, Afika Selatan dan Nigeria.

Tidak hanya Z2, Samsung juga mulai memasok smartphone Tizen buat segmen enterprise melalui Samsung Z3 buat Gazprom, perusahaan gas alam terbesar di dunia yang dimiliki oleh pemerintah Rusia.



OKTOBER

Ini adalah bulan spesial di tahun 2016 karena untuk pertama kalinya smartphone Tizen dirilis di Indonesia. Acara peluncurannya berlangsung pada hari Rabu, 19 Oktober di Hotel Intercontinental Jakarta, walaupun sebenarnya Samsung Z2 sudah tersedia secara terbatas di pasar sejak akhir September. Dalam acara ini juga ikut diumumkan pemenang dari kompetisi Indonesia Next Apps 3.0.

Penjualan Samsung Z2 di Indonesia disertai dengan paket bundling dari Smartfren untuk konektivitas data di jaringan 4G. Pengguna Z2 juga diberi kesempatan untuk mendapatkan bonus pulsa dari LINE Indonesia setelah mengaktifkan aplikasi messaging ini.

Di akhir Oktober, Samsung meluncurkan perluasan platform Smart IoT melalui Samsung ARTIK yang menghadirkan dua keluarga modul baru, ARTIK 0 dan ARTIK 7, kemampuan manajemen perangkat baru di Samsung ARTIK Cloud dan ekosistem mitra yang diperluas.




NOVEMBER

Ada beberapa pengumuman penting di bulan November yang memberi harapan baru buat Tizen. Yang pertama Samsung dan Microsoft bekerjasama untuk mengaktifkan dukungan .NET buat Tizen. Samsung kemudian merilis preview pertama Visual Studio Tools untuk Tizen, yang akan memungkinkan pengembang .NET untuk dengan mudah membangun aplikasi Tizen buat Smart TV, perangkat wearable seperti Gear S3, smartphone, dan perangkat IoT.

Yang kedua datangnya dari acara tahunan Samsung Open Source Conference (SOSCON) 2016, dimana Samsung meluncurkan source code dari Tizen 3.0 dan Tizen RT. Tizen RT akan ditujukan buat perangkat low-end yang memiliki kapasitas memori yang kecil, bahkan tanpa layar seperti pada AC, robot vacuum, mesin cuci, kulkas dan sebagainya.

Di bulan ini Gear S3 mulai dijual di beberapa negara, dan Samsung juga merilis update software buat Gear S2 dengan fitur-fitur yang sama seperti yang terdapat pada Gear S3.



DESEMBER

Di akhir tahun 2016, Samsung Z2 yang baru 3 bulan hadir di pasar Indonesia langsung terpilih sebagai gadget terpopuler 2016 dari Google Year in Search 2016.



SELAMAT TAHUN BARU 2017


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar