Rabu, 16 November 2016

Samsung dan Microsoft kerjasama hadirkan dukungan .NET buat Tizen


Samsung Electronics hari ini mengumumkan kerjasama dengan Microsoft pada proyek-proyek open source, seperti .NET Core dan Xamarin.Forms, untuk mengaktifkan dukungan .NET buat Tizen. Tizen adalah sistem operasi open source berbasis Linux, yang diadakan oleh Linux Foundation, dan terbuka untuk semua pengembang. OS Tizen saat ini sudah dijalankan oleh 50 juta perangkat Samsung.

Hari ini, Samsung merilis preview pertama Visual Studio Tools untuk Tizen, yang akan memungkinkan pengembang .NET untuk dengan mudah membangun aplikasi Tizen buat Smart TV, perangkat wearable seperti Gear S3, smartphone, dan perangkat IoT. Source code juga akan memberikan kontribusi buat proyek open source Tizen dan .NET.

Preview pertama mendukung pengembangan aplikasi mobile dengan emulator perangkat dan ekstensi Visual Studio dengan kemampuan IntelliSense dan debugging penuh. Dukungan untuk Smart TV, wearable, dan perangkat IoT lainnya akan ditambahkan dalam rilis mendatang. Dukungan .NET buat Tizen akan resmi dirilis dan dikirimkan pada perangkat Samsung, termasuk Smart TV, pada tahun 2017.


"Samsung sangat tertarik untuk menjadi bagian dari komunitas .NET. .NET memiliki basis pengembang yang luas dan potensi yang besar," kata Cho Seung-hwan, Executive Vice President dan Deputy Head dari Software R&D Center di Samsung. "Melalui kolaborasi yang cermat dan progresif dengan Microsoft, Samsung mengharapkan untuk menciptakan pengalaman pengembangan yang unik buat pengembang Tizen dan C#, untuk memperkaya ekosistem Tizen."

Sejak bergabung dengan .NET Foundation Technical Steering Group pada bulan Juni, Samsung telah memberikan kontribusi dukungan ARM untuk .NET Core. Samsung juga memberikan kontribusi untuk Xamarin.Forms, mengaktifkannya pada berbagai perangkat Tizen sebagai common UI dan kontrol.


Informasi lebih lanjut tentang Visual Studio Tools buat Tizen bisa dilihat disini: http://developer.tizen.org/development/preview


Tidak ada komentar:

Posting Komentar