Kamis, 13 Oktober 2016

Unity IAP diluncurkan buat Tizen Game


Unity, platform pengembangan game terpopuler, hari ini meluncurkan Unity IAP untuk OS Tizen. Mulai sekarang, ketika Anda mengembangkan game untuk Tizen, Anda dapat menggunakan Unity IAP untuk monetisasi Anda.


Unity IAP Mendorong Pendapatan Pengembang Tizen

Dengan aplikasi mobile dan game yang telah meledak popularitas selama dekade terakhir, perubahan mendasar telah terjadi di monetisasi. Game kini semakin dipandang sebagai layanan - daripada cuma mengembangkan game, dan kemudian meluncurkannya dengan harga tetap dan menetapkannya dalam sehari, pengembang sering cuma membuat aplikasi mereka tersedia secara gratis, bukan mengandalkan sistem pembelian dalam aplikasi (In-App Purchase/IAP), atau microtransaction, untuk monetisasi konten mereka selama periode waktu yang panjang.

Pembelian dalam aplikasi ini yang disebut sebagai microtransaction karena suatu alasan - upgrade, boost dan konten premium sering dihargai dengan murah yang tentunya sangat terjangkau buat konsumen. Namun ketika pembelian ini dilakukan berulang-ulang, atau dalam jumlah besar, pengembang mulai merasakan peningkatan pendapatan yang signifikan. Dan biasanya, pembelian tersebut hanya dibuat oleh pengguna minoritas yang persentasenya sangat kecil. Dengan beberapa perkiraan, sekitar setengah dari pendapatan game mobile berasal dari hanya 15% dari pengguna, dengan hanya sekitar 1,5% dari pengguna yang mau membayarnya. Dengan persentase pengguna yang kecil yang mau bertanggung jawab untuk sebagian besar pembelian, pengembang aplikasi harus memperlebar jaringan distribusinya seluas mungkin untuk menangkap perhatian orang-orang yang mau menghabiskan uangnya untuk itu - sesuatu dimana sistem Unity IAP bertujuan untuk membantu pengembang mencapai hal itu.

"Secara tradisional, distribusi yang luas seperti ini akan menghadirkan tantangan untuk pencipta konten. Sementara itu, seperti kita ketahui bahwa kehadiran di banyak platform yang berbeda memungkinkan akses ke pasar baru dan kesempatan untuk meningkatkan penemuan aplikasi, pengembang - terutama yang bekerja untuk organisasi yang lebih kecil atau indie - tidak selalu memiliki waktu dan sumber daya yang cukup untuk menyesuaikan sistem pembayaran mereka untuk masing-masing platform yang berbeda yang tersedia," kata Stephen Sullivan, Direktur untuk Manajemen Produk di Unity.

Stephen Sullivan melanjutkan: "Tapi Platform Unity IAP menghadirkan template yang fleksibel dan mudah digunakan buat pengembang yang memungkinkan Anda untuk mengembangkan sekali dan menyebarkannya hampir di mana saja - dan sekarang, kemampuan ini telah mencapai toko Samsung Galaxy Apps dan Tizen Store. Dengan Unity IAP, pengembang di platform yang berbeda semuanya memiliki akses satu interface IAP yang sederhana yang mengarahkan setiap pembelian yang dilakukan dalam aplikasi ke toko yang tepat, memastikan cara yang seragam dan sederhana untuk mendorong pendapatan di banyak hub konten yang berbeda yang tersedia saat ini."

"Terlebih lagi, pengembang juga dapat menggunakan analytics dashboard yang kuat dari Unity untuk memantau, mengelola dan mengoptimalkan pendapatan mereka. Suite laporan penuh Unity Analytics memungkinkan Anda melihat siapa pengguna Anda, apa yang mereka beli dan berapa banyak, menghadirkann umpan balik instan buat Anda yang memungkinkan Anda untuk memasang target dan segmen yang lebih sederhana dan efektif buat audiens Anda, serta menyempurnakan penawaran Anda untuk pengaruh yang maksimal. Dan tentu saja, bergerak maju, kita akan membuat Unity IAP yang bahkan akan lebih kuat dan nyaman untuk pengembang," ujar Stephen Sullivan melanjutkan.


Unity IAP Memungkinkan Anda untuk Memonitor dan Bertindak Atas Tren dalam Data Pendapatan dan Pembelian Anda di Berbagai Platform

Anda dapat mengatur Tizen In-App Purchases dengan Unity IAP di iOS, Mac, Google Play dan Windows, dan mudah untuk menerapkan In-App Purchases dalam aplikasi Anda di toko aplikasi paling populer hanya dengan beberapa baris kode, Anda dapat sepenuhnya memahami dan mengoptimalkan monetisasi dalam game. 

Berhasil dalam industri game mobile memang sulit - terutama ketika, dalam lingkungan game-as-a-service saat ini, peluncuran awal hanyalah awal dari perjalanan Anda. Seiring waktu, Anda akan perlu menyesuaikan penawaran konten Anda dan strategi untuk terus menghasilkan pendapatan. Dengan Unity IAP, akan sedikit lebih mudah untuk distribusi dan analisis platform secara sederhana. Anda bisa belajar lebih banyak tentang Unity IAP disini.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar