Rabu, 26 Oktober 2016

Samsung luncurkan ARTIK 0 dan ARTIK 7 untuk pengembangan IoT


Samsung Electronics hari ini meluncurkan perluasan platform Smart Internet of Things (IoT) melalui Samsung ARTIK yang menghadirkan dua keluarga modul baru, ARTIK 0 dan ARTIK 7, kemampuan manajemen perangkat baru di Samsung ARTIK Cloud dan ekosistem mitra yang diperluas. Hasilnya adalah solusi pengembangan IoT yang lengkap untuk membantu perusahaan mengerjakan proyek IoT mereka dari konsep sampai terwujud realitas dalam waktu singkat.

Menurut sebuah studi penelitian terbaru oleh 451 Group, 65 persen perusahaan menggunakan Internet of Things (IoT) untuk mengoptimalkan layanan mereka dan penawaran produk. Dengan platform Samsung ARTIK, banyak dari perusahaan ini yang sekarang dapat membangun solusi IoT untuk lebih mentransformasi bisnis mereka dan memasuki pasar baru.

Saat ini, bisnis berjuang untuk membangun solusi IoT di rumah. Mereka harus bergulat dengan tugas membangun infrastruktur yang scalable, menambahkan keahlian baru dan mengelola integrasi yang rumit. Platform Smart IoT Samsung ARTIK yang secara end-to-end menyediakan perusahaan dengan semua hardware dan software IoT terdepan yang mereka butuhkan, sehingga mereka dapat fokus pada pengembangan produk IoT yang disruptif secara cepat dan sederhana.

"IoT adalah salah satu area strategis utama untuk fokus dan pertumbuhan buat Samsung," kata Dr So Byung-se, Executive Vice President & Chief Technology Officer untuk Samsung Strategy & Innovation Center (SSIC). "Dengan mengaktifkan siklus pengembangan produk untuk mekar, kami dapat membantu mengantar inovasi IoT generasi berikutnya. Kami membuka jalan bagi perusahaan untuk menata kembali bagaimana perangkat, aplikasi dan layanan baru dapat berdampak pada kehidupan sehari-hari untuk mengatasi tantangan global."

Kelompok internal Samsung telah memanfaatkan platform Samsung ARTIK untuk membangun solusi IoT baru mereka sendiri yang fresh. Misalnya, Samsung divisi Consumer Electronics telah memanfaatkan platform Samsung ARTIK untuk membuat alat IoT pembersih udara atau IoT smart air purifier. "Platform Samsung ARTIK memungkinkan kita untuk membangun prototipe dengan biaya efektif dari solusi baru kita dan dengan cepat meluncurkannya ke pasar," kata Do Young-soo, Senior Vice President dari Digital Control Group di Samsung Electronics. "Dengan platform Samsung ARTIK, kami juga memiliki kemampuan untuk terhubung secara cerdas dengan perangkat pintar lainnya, serta cloud, yang memungkinkan kasus penggunaan baru."


Sebuah Solusi IoT End-to-End

Platform Smart IoT Samsung ARTIK menyatukan ekosistem hardware, software, cloud, keamanan dan mitra dalam persembahan tunggal sehingga perusahaan dapat mengurangi waktu, biaya dan risiko yang biasanya terkait dengan pengiriman solusi IoT yang kompleks. Berbeda dengan platform IoT lainnya, platform Smart IoT Samsung ARTIK membuatnya lebih mudah untuk membangun produk dan layanan IoT dengan mengatasi kompleksitas IoT dengan API, SDK dan alat-alat tingkat enterprise yang terbuka dan mudah digunakan. Penambahan utama untuk platform Samsung ARTIK baru termasuk:
  • ARTIK 0 family: Family modul ARTIK 0 memungkinkan pengembangan perangkat murah yang ringan dan berdaya rendah, yang ditargetkan pada end-devices termasuk HVAC, lampu, sensor industri, pemantauan kesehatan pribadi dan banyak lagi. Modul yang dibangun pada mikrokontroler ARM Cortex-M yang rendah daya dan mendukung standar nirkabel berdaya rendah, seperti ZigBee, Thread, atau standar Bluetooth Smart. Mereka menghemat waktu dan uang pelanggan dengan menyediakan solusi konektivitas yang lengkap, termasuk stack jaringan, komponen frekuensi radio (RF) dan precertification untuk persetujuan peraturan.
  • ARTIK 7 family: Family modul ARTIK 7 dimaksudkan untuk gateway high-end dan aplikasi multimedia. Dengan prosesor 8-core 64-bit Cortex A-53, modul bekerja dengan baik sebagai gateway dan juga memungkinkan pelanggan untuk menjalankan analisis lokal, yang memungkinkan pembongkaran dari cloud computing secara lokal untuk meningkatkan latency dan responsivitas. Modul RATIK 7 menyediakan konektivitas yang tak tertandingi, dengan built-in interface Wi-Fi, Bluetooth, ZigBee, Thread dan GbE MAC. Memiliki prosesor multimedia high-end untuk pengolahan video dan audio. Pra-instal sistem operasi (OS) Linux mempercepat waktu untuk pendapatan dengan menyediakan OS kuat yang didukung oleh komunitas pengembang yang luas. Modul ARTIK 7 sudah RF pre-certified dan dilengkapi keamanan kelas enterprise.
  • Device management: Modul Samsung ARTIK Artik baru dirancang untuk bekerja out of the box dengan Samsung ARTIK Cloud yang powerful, platform pertukaran data terbuka yang menghubungkan perangkat, aplikasi dan cloud lainnya, memungkinkan Interoperability of Things. Produsen perangkat dapat memantau dan mengelola jajaran perangkat mereka yang telah dikerahkan, baik untuk tepian node dan gateway, menggunakan Samsung ARTIK Cloud. Mereka dapat secara unik mengidentifikasi setiap perangkat, memonitor status konektivitas, mengelola properti, seperti versi firmware dan tingkat baterai, dan mengeksekusi fungsi pada perangkat dari jarak jauh, termasuk reboot, factory reset, update firmware, dan reset kode kesalahan.

Sebagai anggota dari Open Connectivity Foundation (OCF), kelompok standarisasi IoT terkemuka di industri ini, Samsung juga membawa teknologi IoT terbuka untuk meningkatkan interoperabilitas antara perangkat yang terhubung dan mengaktifkan potensi operasional penuh dari IoT dengan memanfaatkan platform Samsung ARTIK dan software open source IoTivity.

Modul Samsung ARTIK baru segera tersedia untuk pesanan dan di seluruh dunia melalui mitra distribusi, Arrow, Digi-Key dan Mujin. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang platform dan alat pengembangan Samsung ARTIK di www.artik.io.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar