Selasa, 18 Oktober 2016

Review Instagram versi Tizen, dan perbandingannya dengan OS lain

Menurut Wikipedia Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Flickr, Swarm, Weibo, Ameba, Mixi, VKontake, dan OK.ru.

Dirilis 6 Oktober 2010 dan dirancang oleh Kevin Systrom serta Mike Kriger, setelah diakuisisi oleh Facebook Inc. senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham di tahun 2012, Instagram terus mengalami perkembangan pesat hingga sekarang, bahkan dengan berani Instagram berganti logo pada tanggal 11 Mei 2016 menjadi seperti yang kita lihat sekarang.

Logo Lama vs Logo Baru
Kembali ke aplikasi Instagram, disini saya membandingkan aplikasi Instagram Tizen dengan platform lain dalam hal ini Android, iOS dan Windows 10 Mobile. Kenapa tidak ada sistim operasi Blackberry 10? Mungkin anda belum membaca outro (Review Aplikasi Facebook versi Tizen, dan perbandingannya dengan OS lain ).

Baiklah tanpa perlu panjang lebar lagi silahkan simak review Instagram Tizen, dan perbandinggannya dengan OS lain, versi saya.


Tampilan Awal

Instagram Tizen 2.4.0.5

Instagram Android 6.0.1

Instagram iOS 9.3.5

Instagram Windows 10 Mobile

Dapat dilihat bahwa tampilan awal Instagram untuk semua sistim operasi pada dasarnya sama, dengan gerakan animasi warna yang ringan membuat nya menjadi lebih menarik.


Tampilan Beranda

Instagram Tizen 2.4.0.5

Instagram Android 6.0.1

Instagram iOS 9.3.5

Instagram Windows 10 Mobile

Setelah berhasil masuk kita akan dihadapkan dengan berada Instagram dengan tampilan yang hampir sama disetiap sistim operasi, terkecuali pada Instagram Tizen yang belum mendukung fitur Stories.

Pada tampilan berada kita akan menemukan beberapa index atau tab yang terdiri dari Direct Messages, Home, Search, Upload, Love ( Notifications ), dan Profile.

Direct Messages disini kita bisa secara langsung untuk mengirim foto, video, maupun pesan ke sesama pengguna Instagram secara pribadi.

Home berisi kumpulan foto atau video dari akun yang kita ikuti dan ditampilkan secara acak sama seperti pada beranda di Facebook. Bahkan iklan acak pun sekarang muncul di beranda kita.

Search berisi hasil pencarian video dan foto secara acak berdasarkan dari pola kita menggunakan Instagram.


Instagram Tizen 2.4.0.5


Instagram Android 6.0.1


Instagram iOS 9.3.5


Instagram Windows 10 Mobile

Upload disini kita bisa mengirimkan gambar maupun video berdurasi maksimal 60 detik baik dari kamera langsung ataupun mengambilnya dari galeri ponsel. Setelah itu kita bisa memberikan efek yang sudah disediakan oleh pihak Instagram, sampai sejauh ini terdapat 40 efek foto dan video untuk Instagram Android, iOS, dan Windows 10 Mobile, sementara Instagram Tizen hanya mampu memberikan 27 efek foto dan 13 efek video.


Instagram Tizen 2.4.0.5

Instagram Android 6.0.1

Instagram iOS 9.3.5

Instagram Windows 10 Mobile

Love ( Notifications ) berisikan notifikasi dari orang - orang yang mulai mengikuti kita maupun orang - orang yang menyukai hasil foto kita. Terdapat pula aktivitas teman kita yang menyukai foto orang lain ( foto yang diikutinya ).

Instagram Tizen 2.4.0.5

Instagram Android 6.0.1

Instagram iOS 9.3.5

Instagram Windows 10 Mobile

Profile berisi kumpulan foto yang telah kita upload, kita bisa melihat foto dalam bentuk grid, dan list, peta foto yang kita ambil saat mengaktifkan lokasi, maupun foto orang lain yang menandai kita. Adapula tombol Gear ataupun opsi yang didalamnya berisi pengaturan.

Instagram Tizen 2.4.0.5

Instagram Android 6.0.1

Instagram iOS 9.3.5

Instagram Windows 10 Mobile

Kesimpulan

Seperti halnya Facebook untuk Tizen, pada aplikasi Instagram Tizen masih belum sempurna menurut saya, ada beberapa elemen penting yang belum tersedia. Namun dibalik kurangnya beberapa fitur, saya kembali memberikan apresiasi untuk team Facebook Inc yang selalu memberikan aplikasinya di tiap sistem operasi yang sudah saya coba. Semoga kedepannya Facebook Inc dan Samsung selalu memberikan update minor untuk memperbaiki kekurangan yang ada.

Demikianlah review aplikasi Instagram untuk berbagai sistem operasi yang saya miliki saat ini. Mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaian yang saya berikan, karena saya masih mempelajari dunia blogging ( disuruh belajar membuat artikel ama om Ryo Jin :p ). Saya tidak pernah bosan untuk selalu mengingatkan kalian agar jangan lupa like fanspage kami di Facebook , Twitter , maupun Google+.

Terimakasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca setiap postingan yang kami buat. Mewakili seluruh crew yang bertugas saya Nadia Mulyana pamit undur diri. Viva La Kerehore !.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar