Minggu, 18 September 2016

Samsung Pay akan hadir di kulkas Tizen


Layanan pembayaran mobile Samsung Pay akan diinstal ke dalam lemari es pintar Family Hub yang menjalankan sistem operasi Tizen. Samsung Electronics telah memperluas jangkauan pemberlakukan Samsung Pay dari smartphone ke smartwatch melalui Gear S3 dan lemari es diharapkan akan menjadi vitalisasi 'Kulkas Belanja' setelah meletakkan alat untuk pembayaran ke Family Hub.

Menurut sebuah industri terkait di Korea hari ini, Samsung Electronics sedang bekerja pada tahap akhir pengerjaan untuk menginstal Samsung Pay ke kulkas Samsung Family Hub.

Family Hub selama ini tidak hanya memiliki fungsi dasar untuk menjaga bahan-bahan makanan tetap segar tetapi juga menekankan fungsi tambahan seperti komunikasi, belanja, dan hiburan untuk mengubah dapur menjadi ruang yang berpusat pada lingkungan keluarga. Dari semua fungsinya, 'Belanja Bahan Makanan' yang paling menarik perhatian konsumen. Ketika seseorang menyentuh LCD yang terpasang di pintu Family Hub pintu beberapa kali, kulkas Tizen ini akan menghadirkan layanan belanja online yang disebut 'Food Management' yang memungkinkan seseorang untuk memesan bahan makanan dengan sangat mudah.

​​Samsung Electronics telah bermitra dengan 3 distributor makanan terbesar di Korea Selatan seperti Emart, Lotte Mart, dan Home Plus untuk fungsi ini. Mereka juga akan menambahkan mal online milik Hyundai 'Hyundai.com' tidak lama lagi.

Sebuah sistem pembayaran perlu cadangan fungsi belanja. Meskipun Family Hub saat ini sudah memungkinkan pengguna untuk memesan dan membayar di depan lemari es, namun masih memiliki keterbatasan tertentu seperti hanya mendukung Samsung Card. Dengan menempatkan fungsi pembayaran SMS Samsung Card ke dalam Family Hub, seseorang dapat melakukan pembayaran melalui SMS tanpa sertifikat resmi.

Jika Samsung Pay diatur sebagai fungsi pembayaran pada kulkas Family Hub, proses pembayaran akan menjadi lebih sederhana. Melalui penerapan Samsung Pay, diharapkan fungsi belanja Keluarga pada kulkas Tizen ini akan bisa diperluas jangkauannya.

Pembayaran dapat dilakukan ketika seseorang memilih Samsung Pay dan memasukkan password selama proses pembayaran. Sebelumnya fungsi ini cuma terbatas kepada pemegang Samsung Card. Penggunaan Samsung Pay juga akan meningkatkan kenyamanan dan popularitasnya melalui sistem yang menghubungkan rekening pengguna ke 5 bank komersial terbesar di Korea dan sebagian besar produk kartu pembayaran di Korea Selatan juga telah mendukung Samsung Pay.

"Jika kita menginstal Samsung Pay ke Family Hub, kenyamanan dan aksesibilitas untuk sistem pembayaran oleh konsumen akan bisa sangat ditingkatkan." kata seorang juru bicara untuk Samsung Electronics. "Ini akan menjadi kesempatan untuk menarik konsumen buat memiliki Family Hub."

Jika Samsung Pay diinstal ke lemari es seperti pada smartphone, diperkirakan bahwa penggunaan Samsung Pay akan meningkat sangat cepat. Sampai saat ini, Samsung Pay hanya dapat digunakan oleh Samsung Galaxy S6 dan smartphone Galaxy S dan Note yang lebih baru. Samsung Pay dijadwalkan juga akan melengkapi Gear S3 yang diharapkan akan dirilis tidak lama lagi. Gear S2 juga mendukung Samsung Pay, namun hanya melalui metode NFC.

Samsung Electronics bekerja pada penguatan platform dengan menempatkan Kulkas Family Hub sebagai Smart Home Hub. Tidak seperti peralatan rumah tangga lainnya, lemari es akan menarik perhatian karena aktif terus selama 24 jam.

Jika sistem pembayaran Smart Home Hub didasarkan pada Samsung Pay, kemungkinan semua sistem pembayaran di infrastruktur Samsung Smart Home akan dipersatukan ke Samsung Pay untuk menjadi lebih kuat.

"Sementara Samsung Electronics akan memperkuat sistem Smart Home dengan Family Hub sebagai pusatnya, penting untuk memperhatikan fakta bahwa Samsung Pay akan diinstal ke Family Hub." kata seorang ahli industri smart home di Korea. "Ada kemungkinan bahwa semua sistem yang terkait dengan pembayaran dalam rumah akan dipimpin oleh Samsung Pay."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar