Rabu, 21 September 2016

Bluetooth SIG rilis alat pengembangan aplikasi IoT

Bluetooth Special Interest Group (SIG) hari ini merilis beberapa update untuk line-up developer toolkit milik mereka. Toolkit Bluetooth terbaru memberdayakan pengembang untuk mengembangkan aplikasi mobile dan beacon murah, serta gateway yang mengontrol sensor IoT secara lebih cepat dan cerdas.

"Apa yang bisa dilakukan oleh pengembang saat ini dengan Bluetooth jauh melampaui apa yang bisa mereka lakukan dalam beberapa tahun yang lalu," kata Steve Hegenderfer, Direktur Program Developer di Bluetooth SIG. "Apakah itu menghubungkan perangkat Bluetooth ke web, menggunakan beacon untuk mengembangkan solusi proximity yang unik, atau bahkan hanya belajar tentang bagaimana semua sensor nirkabel ini bekerja dan beroperasi, Bluetooth menghadirkan teknologi, peralatan, dan pelatihan yang kuat untuk membuat prototipe, tes, scale dengan mudah, dan solusi untuk membawanya ke pasar dengan manfaat pengguna yang nyata."

ABI Research memproyeksikan pendapatan layanan IoT akan melebihi $200 miliar pada 2020 yang terdiri dari hampir 26 miliar perangkat terhubung. Angka-angka ini diharapkan akan meningkat jika produsen, pengembang, dan konsumen bisa melihat ke solusi konektivitas yang memenuhi potensi IoT.

"Setelah IoT mendapatkan traksi, Bluetooth telah muncul sebagai salah satu kandidat pasar dan terus menunjukkan pertumbuhan yang kuat dengan peluang yang signifikan di beacon, otomatisasi rumah, dan dapat dikenakan di mana konsumsi energi yang lebih rendah sangat penting," kata Andrew Zignani, analis industri di ABI Research. "Ini akan lebih didorong oleh kemajuan teknologi Bluetooth yang akan datang dalam efisiensi energi, jangkauan, dan jaringan mesh. Pengiriman perangkat dengan Bluetooth akan meningkat rata-rata setengah miliar per tahun hingga 2021, mencapai lebih dari lima miliar."

Update lini Bluetooth Developer Toolkit mencakup:

  • Bluetooth Secure Gateway Toolkit - Toolkit ini memberikan contoh komponen dan set-up awal yang sederhana, in-depth dan hands-on labs, dan peningkatan komponen keamanan untuk membuat gateway internet yang memberikan kemampuan untuk memantau dan mengontrol sensor Bluetooth kepada pengguna perangkat dari jarak jauh. Pengembang sekarang dapat memperluas fungsi IoT dalam produk mereka dan memanfaatkan fitur keamanan terkemuka kelas pemerintah yang diperkenalkan pada Bluetooth 4.2. Perangkat sekarang dapat terhubung langsung dengan gateway internet melalui sambungan yang aman tanpa perlu smartphone atau tablet untuk melayani sebagai perantara.
  • Bluetooth Starter Kit - Paket pelatihan yang komprehensif dengan hands-on lab dan sampel source code ini akan memperkenalkan pengembang pada Bluetooth, memberi mereka pengetahuan dasar untuk menambahkan konektivitas nirkabel buat produk dan aplikasi. Versi terbaru termasuk update hardware ke Arduino baru yang lebih murah, dan labs sekarang menggunakan Bluetooth Developer Studio untuk membantu pengembang membangun perangkat Bluetooth pertama mereka. Update juga datang ke Bluetooth Developer Studio untuk memungkinkan pengembang umembuat implementasi Bluetooth yang konsisten di beberapa chipset dan platform secara mudah dan cepat, mempercepat waktu ke pasar dan memungkinkan kualitas dan interoperabilitas yang lebih tinggi untuk layanan Bluetooth.
  • Application Accelerator 2.1 - Toolkit ini membantu pengembang pihak ketiga membangun aplikasi Bluetooth di ponsel, tablet, dan PC dengan dukungan untuk Android 6.0, iOS 9, Windows 10, Tizen, dan Blackberry.
  • Beacon Smart Starter Kit - Panduan kit ini memberikan petunjuk tentang bagaimana membangun beacon, memanfaatkan potensi yang murah, sederhana namun memiliki sensor yang kuat kuat. Sebuah kit yang lebih canggih akan keluar akhir tahun ini yang menyelam ke manajemen beacon dan penggunaan praktis dari beacon untuk aplikasi dunia nyata di ritel dan seterusnya.

Semua kit pengembangan terbaru tersedia untuk di-download di https://www.bluetooth.com/develop-with-bluetooth/developer-resources-tools. Untuk pelatihan pengembangan bisa mendaftar untuk sesi Blue University LIVE di https://www.bluetooth.com/news-events/bluetooth-events/training-events.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar