Selasa, 27 September 2016

1600 Aplikasi buat pengguna Samsung Z2 di Indonesia


Samsung Z2 akan mulai tersedia di toko-toko resmi penjualan ponsel Samsung mulai akhir pekan ini. Kabar ini cukup melegakan setelah banyak calon konsumen Samsung Z2 yang mempertanyakan keberadaan smartphone Tizen pertama di Indonesia ini di pasaran, yang selama ini mereka hanya bisa melihatnya melalui iklan yang terus wara-wiri di saluran TV nasional.

"Samsung Z2 akan resmi beredar di akhir pekan minggu ini dengan harga Rp 899.000," kata Samsung Indonesia kepada Kompas Tekno hari ini.

Menurut Samsung, Z2 sudah mendukung semua jaringan 4G LTE milik semua operator di Indonesia, termasuk Smartfren yang menggunakan frekuensi yang berbeda. Namun jika pengguna Samsung Z2 nantinya ingin membeli aplikasi berbayar dari toko aplikasi Tizen Store dengan menggunakan pulsa mereka, layanan ini sementara hanya mendukung Telkomsel. Ini artinya jika Anda bukan salah satu dari 140 juta pengguna Telkomsel, Anda harus menggunakan kartu kredit dari Visa dan Mastercard untuk membeli aplikasi berbayar. Selebihnya, Anda bisa menikmati aplikasi gratis yang lebih mendominasi katalog aplikasi dan game di Tizen Store.


Blackberry Messenger dan Class of Clan paling banyak diminta

Berbicara soal ekosistem aplikasi untuk Tizen, Samsung mengklaim Tizen Store regional Indonesia sudah didukung oleh banyak aplikasi. "Untuk Tizen store secara keseluruhan telah memiliki 6.500 aplikasi dan yang eksklusif untuk Z2 sejauh ini adalah sebanyak lebih dari 2.700 aplikasi, 1.600 aplikasi di antaranya dapat digunakan di pasar Indonesia," kata Samsung.

Kita belum tahu apakah diantara ribuan aplikasi ini sudah ada Blackberry Messenger dan Clash of Clans yang selama ini banyak diminta oleh anggota dari komunitas Samsung Z2 Indonesia.


209 Aplikasi Tizen buatan Indonesia

Dari sekian ribu aplikasi yang ada di Tizen Store, beberapa ratus diantaranya adalah sumbangan dari pengembang tanah air. Berdasarkan laporan dari DailySocial Indonesia hari ini, kompetisi Indonesia Next Apps 3.0 (INA 3.0) yang dilakukan di lima kota (Yogyakarta, Surabaya, Malang, Bandung, Bogor dan Jakarta) pada bulan Juli-Agustus kemarin berhasil mengumpulkan 209 aplikasi dari para peserta. Submisi aplikasi tersebut terdiri dari 133 aplikasi untuk smartphone berplatform Tizen, 43 aplikasi Tizen wearable dan 33 aplikasi berbasis konten buat GearVR.

Dari aplikasi yang telah dikirimkan, umumnya untuk kategori hiburan, dan paling banyak dalam bentuk game. Kendati demikian jenis aplikasi lainnya pun turut tampak dalam daftar, contohnya aplikasi di kategori pariwisata dan pendidikan. Semua aplikasi tersebut sudah bisa dinikmati oleh pengguna Samsung Z2 lewat Tizen Store regional Indonesia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar