Rabu, 24 Agustus 2016

Tizen TV 2016 mendapat sertifikat UHD TV di Eropa


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa semua model UHD TV 2016 telah mendapatkan sertifikasi TV Ultra High Definition (UHD) dari Digital Europe (DE), sebuah badan kolaboratif IT dan bisnis elektronik konsumen di Eropa. Terdiri dari 62 anggota perusahaan dan 37 Asosiasi Perdagangan Nasional, Digital Europe adalah salah satu organisasi yang paling berpengaruh yang mewakili industri teknologi digital di Eropa.

Samsung TV, mulai dari lineup SUHD TV 2016 hingga ke UHD TV Seri 6, telah memenuhi standar yang ketat untuk sertifikasi UHD TV seperti yang ditentukan oleh DE, dan sekarang akan menanggung logo UHD TV Europe, serta label Consumer Technology Association (CTA). Kedua label sertifikasi ini akan dipajang pada semua Samsung UHD TV di pameran IFA tahun ini.

Untuk sertifikasi, DE secara khusus mendefinisikan 'Pixel' sebagai elemen resolusi gambar minimum, kemampuan rendering skala luminance yang sama dengan seluruh tampilan. Hitungan pixel horizontal dan vertikal harus dari tiga blok sub-pixel merah, hijau dan biru (RGB) secara lengkap, dan tidak memasukkan tambahan sub-pixel non-RGB (seperti pada teknologi RGBW).



Kriteria tambahan untuk mendapatkan sertifikasi DE antara lain:
  • Minimal resolusi asli dari layar (misalnya LCD, PDP, OLED) atau display engine (misalnya DLP) adalah 3840 x 2160 dengan aspek rasio 16:9
  • Minimal kolorimetrik yang didukung adalah BT.709 atau lebih tinggi
  • Layar perangkat memiliki setidaknya satu jalur sinyal end-to-end yang tersedia untuk pengguna yang tidak melakukan rendering input UHD pada frame rate atau resolusi yang lebih rendah daripada yang diterima melalui interface UHD dari sumbernya
  • Layar perangkat memiliki setidaknya satu jalur sinyal end-to-end yang tersedia untuk pengguna yang tidak mengurangi resolusi, atau mengurangi frame rate dari input UHD selama pemrosesan sebelum ditampilkan

"TV kami akan melayani sebagai titik acuan penting bagi konsumen ketika mereka mencari TV UHD yang menawarkan kualitas gambar premium, meskipun mereka mungkin tidak akrab dengan istilah dan implikasi teknologi yang sulit," kata Simon Sung, Senior Vice President dari Visual Display Business di Samsung Electronics. "Kami yakin bahwa sertifikasi baru dari Digital Europe ini, ditandai dengan logo UHD, akan memberikan konsumen keyakinan tambahan saat membeli TV UHD."

Dimulai pada bulan September, Samsung akan meluncurkan pesan dalam menghadapi konsumen baru seputar kualitas gambar TV UHD, yang dirancang untuk membantu konsumen membuat keputusan saat membeli TV UHD. Pesan baru juga akan menyoroti pemanfaatan panel RGB di Samsung UHD TV, dengan efek mengurangi distorsi, serta membiasakan konsumen dengan teknologi yang terkait dengan UHD.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar