Jumat, 19 Agustus 2016

Perbedaan Samsung Gear VR lama dengan yang baru


Samsung Electronics hari ini kembali merilis perangkat virtual reality (VR) ke pasar di 10 negara. Samsung Gear VR baru membawa perubahan halus yang siap untuk menghadirkan pengalaman yang lebih mendalam dan user-friendly buat penggunanya.

Walaupun memiliki banyak peningkatan dari sisi fungsi dan desain, namun Gear VR baru masih mempertahankan harga yang sama dengan versi sebelumnya, yaitu 129.800 won per-unit (sekitar 1,5 juta rupiah) di Korea atau $99,99 (sekitar 1,3 juta rupiah) per-unit di Amerika Serikat. Juru bicara Samsung Electronics menjelaskan bahwa keputusan untuk mempertahankan harga yang sama adalah bagian dari strategi untuk membantu memperluas distribusi Gear VR, yang sebelumnya telah menerima banyak perhatian yang sebagian besar dari konsumen pecinta teknologi.


Perubahan pertama yang terlihat dari Gear VR baru adalah perluasan diameter lensa dari 38mm menjadi 42 mm (1,5-1,65 inci). Sudut pandang juga meningkat menjadi 96-101 derajat, yang diharapkan bisa memberikan pandangan yang lebih luas kepada pengguna.

Disisi desain, Samsung mengubah warna perangkat dari putih menjadi biru gelap, baik di dalam maupun diluar. Perubahan ini bertujuan untuk meminimalkan setiap pantulan cahaya, yang bisa menghalangi pengalaman VR yang mendalam.

Dari perspektif operasional, Gear VR baru diproduksi agar kompatibel dengan perangkat Samsung Electronics lainnya yang baru dirilis, seperti Galaxy Note 7 yang diluncurkan pada awal Agustus kemarin.

Port micro USB terpisah yang termasuk dalam paket penjualan akan membuat gadget menjadi lebih mudah untuk terhubung dengan smartphone Galaxy yang lama, termasuk Galaxy Note 5, Galaxy S7, S7 Edge, S6 dan S6 Edge. Port USB tambahan di luar juga akan memungkinkan lensa untuk terhubung dengan perangkat eksternal untuk, misalnya, menonton film atau drama yang disimpan pada USB pribadi. Penambahan tombol "Home" pada satu sisi perangkat akan menjadikannya lebih mudah sekarang untuk keluar dari konten yang sedang dijalankan dan memilih yang lainnya.

Selain itu, Samsung Electronics berjanji untuk membuat lebih banyak perangkat dalam kategori VR lainnya dalam kemitraan dengan Oculus, pengembang VR yang diajak kerjasama oleh Samsung sejak tahun 2015. "Kami akan memperluas infrastruktur konten kami sehingga pengguna Gear VR dapat memiliki pengalaman yang lebih menyenangkan," kata juru bicara Samsung saat peluncuran hari ini. Toko konten Oculus saat ini menyediakan sekitar 300 konten game, film, pendidikan dan olahraga.

Samsung Electronics saat meluncurkan aplikasi "Samsung VR" baru mengatakan bahwa mereka akan menyediakan konten video 360 derajat, agar pengguna Gear VR memiliki lebih banyak pilihan. "Hardware dan software untuk Gear VR terbaru keduanya mengalami peningkatan dengan tujuan untuk menghadirkan pengalaman VR yang lebih mendalam buat pemirsanya," kata juru bicara Samsung Electronics.


Berikut ini spesifikasi Samsung Gear VR baru:
  • Ukuran: 207,8 x 122,5 x 98,6 mm
  • Berat: 345g (312g tanpa penutup depan)
  • Ukuran lensa (pembesaran): 42mm (x 6,25)
  • Sudut pandang: 101 derajat
  • Sensor: Accelerometer, Gyrometer. Proximity
  • Port konektivitas:  USB Type-C / Micro USB


Tidak ada komentar:

Posting Komentar