Selasa, 12 Juli 2016

Wearable Tizen paling memuaskan konsumen di 2016


Perangkat wearable berbasis OS Tizen menduduki peringkat tertinggi di antara lainnya berdasarkan data terbaru dari J.D. Power 2016 Fitness Band Device Satisfaction ReportSM dan J.D. Power 2016 Smartwatch Device Satisfaction Report yang dirilis hari ini.

Laporan ini mengukur kepuasan secara keseluruhan dengan produk smartwatch dan fitness band diantara konsumen yang membelinya dalam 12 bulan terakhir. Ada sekitar 2.696 responden yang mengikutinya selama bulan Mei dan Juni 2016. Setiap laporan meneliti kepuasan konsumen di 11 faktor:

Smartwatch (tercantum dalam urutan kepentingan): kemudahan penggunaan; kenyamanan; daya tahan baterai; fitur telepon; harga; kekuatan/ketahanan; Ukuran layar; style/penampilan; keandalan; aplikasi yang tersedia; dan layanan konsumen

Fitness band (tercantum dalam urutan kepentingan): keandalan; kekuatan/ketahanan; kemudahan penggunaan; daya tahan baterai; harga; berbagai fitur; kenyamanan; style dan penampilan; ukuran layar; aplikasi yang tersedia; dan layanan konsumen

"Keduanya baik pasar fitness band dan smartwatch berkembang karena semakin banyak merek yang menawarkan perangkat yang diperbarui dengan fitur dan layanan baru," kata Kirk Parsons, senior director and telecom, media & technology practice leader di JD Power. "Namun, sangat penting bahwa produsen perangkat harus fokus pada menawarkan produk yang handal dengan harga yang dianggap sebagai nilai yang baik berdasarkan fitur-fiturnya. Mereka yang melakukannya sejak awal dalam persaingan ini dapat meningkatkan kesempatan mereka untuk meningkatkan kepuasan, loyalitas konsumen dan niatan untuk membeli kembali."


Samsung menduduki peringkat tertinggi dalam kepuasan konsumen dengan produk fitness band dan produk mereka dikenal sangat baik dalam hal kenyamanan, keandalan dan kemudahan penggunaan. Sedangkan di peringkat kedua adalah Garmin yang dikenal berkinerja baik dalam empat faktor: layanan pelanggan, kemudahan penggunaan, kekuatan/daya tahan dan kehandalan.

Produk fitness band yang dirilis oleh Samsung selama tahun 2016 adalah Gear Fit2.

Situs belanja online (43%) dan rekomendasi dari teman/keluarga (41%) adalah dua sumber utama informasi yang digunakan ketika memilih perangkat fitness band. Sedangkan alasan yang paling sering dikutip oleh konsumen sebagai pertimbangan utama mereka ketika mereka mepilih perangkat fitness band mereka saat ini adalah kemudahan penggunaan (48%), harga (40%), reputasi merek (38%) dan ulasan positif (36%).


Sementara untuk smartwatch Apel menduduki peringkat tertinggi dalam kepuasan konsumen dan produk mereka dikenal sangat baik dalam kenyamanan, style/penampilan dan kemudahan penggunaan. Sedangkan Samsung menempati urutan kedua yang dikenal berkinerja baik dalam layanan konsumen, ukuran layar dan fitur ponsel.

Produk smartwatch yang dirilis oleh Samsung selama tahun 2016 adalah Gear S2 dan Gear S2 Classic.

Secara keseluruhan, 19% dari pengguna smartwatch mengindikasikan mereka telah mengalami satu atau lebih masalah, dengan baterai menjadi masalah yang paling umum (29%); kesulitan dalam melakukan kustomisasi (23%); dan charger rusak (22%). Ketika konsumen mengalami satu atau lebih masalah dengan smartwatch mereka, ada penurunan poin yang signifikan dalam kepuasan secara keseluruhan.

Dari data diatas, sepertinya hingga 2016 konsumen masih lebih nyaman dengan produk fitness band daripada smartwatch untuk kategori perangkat wearable.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar