Minggu, 10 Juli 2016

Hasil kompetisi proyek Tizen di Rusia diumumkan


Dewan juri dari Tizen Association Rusia, Smart Capital dan Skolkovo Foundation telah selesai menilai berbagai proposal yang masuk untuk kompetisi proyek berdasarkan OS Tizen di Rusia. Samsung Electronics Rusia bekerjasama dengan GNU/Linux Center menawarkan pembiayaan hingga 2 juta rubel (sekitar 412 juta rupiah) untuk mempromosikan inovasi dari tiap proyek yang menjadi pemenang serta smartphone Samsung Z3 edisi Enterprise.

Dari 21 proyek yang masuk dipilih 3 pemenang masing-masing:
  • Mikhail (Penzus) - Proyek Sistem Pengawasan untuk Sistem Operasi Tizen
  • Igor (OMOBUS) - Proyek Mobile Commerce
  • Alibek (SDLash3D Team) - Xash3D SDL

Penzus adalah aplikasi mobile yang digunakan untuk pengawasan video jarak jauh. Dengan aplikasi Tizen ini, Anda dapat dengan mudah melihat jaringan (IP) dan kamera video analog (yang terhubung melalui perekam video). Pengguna juga dapat melihat kamera IP publik, serta bisa dengan mudah menghubungkan kamera yang mendukung stream RTSP dan MJPEG.

Sedangkan OMOBUS adalah platform modular serbaguna untuk membangun solusi mobile yang digunakan untuk berbagai keperluan yang berbeda: menerima pesanan di gerai ritel, mengumpulkan data, pemasaran/merchandise, dll. sedangkan program klien dari OMOBUS akan berjalan di smartphone dan tablet yang menjalankan sistem operasi Tizen. Dengan menggunakan aplikasi client ini karyawan perusahaan akan memiliki kesempatan untuk menyusun dan mengirim pesanan kantor, menerima konfirmasi dan memperbarui data produk dan informasi pelanggan, dan data lainnya. Penerapan OMOBUS secara signifikan dapat meningkatkan produktivitas, mempercepat pengolahan data yang diterima di perusahaan, mengurangi kesalahan dan juga jumlah staf kantor. Platform ini juga memungkinkan untuk mengontrol gerakan karyawan berdasarkan data GPS yang diterima.

Dan Xash3D SDL adalah forking dari Xash3D Engine, yang bertujuan pada lintas platform dan kompatibilitas dengan Xash3D dan Gold Source yang asli. Xash3D Engine adalah kustomisasi Gold Source engine yang ditulis ulang dari awal. Xash3D kompatibel dengan banyak game Gold Source dan mods dan mampu menjalankan hampir semua modifikasi Half-Life singleplayer yang ada tanpa hambatan. Sedangkan untuk bagian multiplayer masih dalam pengerjaan.

Semua pemenang akan menerima smartphone Samsung Z3 untuk menguji ide proyek mereka dan proyek-proyek mereka akan direkomendasikan untuk bisa mendapatkan dana buat pengerjaan dan promosinya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar