Jumat, 17 Juni 2016

OS Tizen berhasil diimplementasikan di prosesor Rusia


Saat berlangsungnya konferensi Skolkovo Startup Village 2016 pada awal Juni yang lalu di Moskow, konsorsium Tizen Association Russia dan pusat riset Elvess SPC menunjukkan hasil kerjasama mereka yang berhasil mengimplementasikan sistem operasi Tizen pada prosesor buatan Rusia Elvees 1892VM14YA.


Platform Multicore 1892VM14YA (Elvees) adalah satu-satunya chipset buatan Rusia yang paling tepat dalam rangka program substitusi impor untuk menggantikan prosesor NXP i.MX6 (sebelumnya Freescale), Texas Instruments (TI) TMS320C6000 dan seri DaVinci, serta Allwinner, Rockchip dan MediaTek. Dengan menggunakan platform hardware buatan Rusia dan sistem operasi software yang sudah teruji dipercaya akan bisa memecahkan masalah keamanan informasi, serta mengurangi risiko penarikan produksi dikemudian hari atau mencegah pengiriman komponen impor.


Sebuah prototipe komputer single-board berdasarkan debug modul salute-EL24D1 dan OS Tizen telah menunjukkan prospek untuk menciptakan sebuah platform universal Tizen Common dengan kelayakan tingkat tinggi dari sisi hardware maupun software.


Sebagai hasil dari demonstrasi prototipe ini, banyak pelanggan perusahaan di Rusia yang telah menyatakan minat mereka dalam implementasi perangkat yang ditargetkan berdasarkan 1892VM14YA dan distribusi OS Tizen Rusia. Saat ini, distribusi OS Tizen Rusia berdasarkan 1892VM14YA sudah mulai diimplementasikan secara komersial. Untuk membiasakan dengan versi demo dari produk binari OS Tizen untuk prosesor 1892VM14YA sudah tersedia untuk di download di portal untuk pengembang developers.tizen.ru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar