Jumat, 20 Mei 2016

Rusia berambisi membawa Tizen sebagai OS IoT terbesar di dunia


Didirikan pada bulan Oktober 2015, Tizen Association Russia bertujuan untuk menciptakan dan mempromosikan sistem operasi Tizen versi Rusia buat perangkat mobile dan Internet of Things (IoT). Walaupun diposisikan sebagai OS standar Rusia yang telah memenuhi unsur keterbukaan dan keamanan negara, namun Tizen Russia juga dengan menghubungkannya dengan standar global untuk akses ke pasar internasional sekaligus mendukung "Digital Independence."

Sebagai OS standar Rusia, Tizen diharapkan juga akan bisa memenuhi kebutuhan segmen industri transportasi (GLONASS, IVI), media, kesehatan (Telemedicine), fintech dll.


Serangkaian kegiatan telah direncanakan dalam Tizen Russia Roadmap 2016 yang terbagi dalam tiga kategori, yang pertama yaitu pengembangan Tizen Rusia yang mencakup pendirian Tizen Development Center, penciptaan profil keamanan sesuai standar di Rusia dan menciptakan komunitas pengembang di seputar Tizen.

Kategori yang kedua adalah mencapai kepemimpinan dalam IoT di Rusia, baik untuk segmen konsumen umum, enterprise (perusahaan) dan pemerintah. Untuk itu Tizen akan dibuat agar bisa mendukung platform lokal dan semua profil perangkat yang ada.

Anggota sementara Tizen Association Russia

Setelah kategori kedua tercapai maka tujuan terakhir untuk roadmap di 2016 adalah dengan memanfaatkan kepemimpinan Rusia saat ini untuk mengenalkan Tizen kepada negara-negara anggota BRICS, yang merupakan akronim dari Brasil, Rusia, India, China, dan South Africa (Afrika Selatan), gabungan lima negara yang pertumbuhan ekonominya paling pesat di dunia. Tizen Russia berharap penggunaan OS Tizen di negara-negara anggota BRICS akan membantu pengembang Rusia untuk berkembang di pasar Internasional dan sekaligus juga memperbesar kontribusi Rusia buat platform Tizen.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar