Senin, 18 April 2016

YunOS kini OS smartphone terbesar ketiga di dunia


Sistem operasi (OS) mobile YunOS yang dikembangkan oleh raksasa e-commerce Alibaba asal China telah menjadi OS smartphone terbesar ketiga didunia. Perusahaan mengklaim YunOS telah digunakan oleh 40 juta pengguna smartphone hingga akhir 2015.

Saat berbicara di acara Alibaba Technology Forum yang diselenggarakan di Universitas Tsinghua, Beijing, pada hari Jumat (15/4) kemarin, Chief Technology Officer (CTO) Alibaba Wang Jian mengatakan bahwa perusahaannya bertujuan untuk memiliki 100 juta pengguna smartphone yang didukung oleh YunOS pada akhir tahun ini agar bisa mengalahkan Apple iOS di negaranya.

"YunOS yang menguasai 20 hingga 25 persen dari pangsa pasar domestik, akan bisa melampaui pangsa pasar dari Apple iOS di akhir tahun ini," kata Wang Jian dalam pidatonya yang berjudul 'Inovasi sebenarnya adalah bersaing dengan masa lalu.'

"China hari ini seperti Amerika Serikat 100 tahun yang lalu. Waktu telah memberikan kita sebuah kesempatan besar untuk melayani semua umat manusia dengan teknologi dan perubahan di dunia dengan teknologi inovasi," katanya.

Beberapa media di China sejak awal tahun ini terus menyoroti tentang upaya untuk melokalisasi penggunaan sistem operasi di negaranya. Jika Rusia memiliki alasan keamanan sebagai faktor utamanya dan memilih OS Tizen yang dikembangkan sendiri, maka China lebih kearah keuntungan dan tidak ingin negaranya menjadi tambang emas buat perusahaan asing.

Data statistik tahun 2015 dari firma riset pasar Sino menunjukkan bahwa pangsa pasar smartphone di China selama 2015 dikuasai oleh Android (sebagian besar versi AOSP tanpa Google) sebesar 81,36%, diikuti oleh Apple iOS sebesar 11% dan YunOS dengan 7,10%.

Saat ini YunOS digunakan oleh beberapa produsen smartphone di China, termasuk Meizu yang bekerjasama dengan operator telekomunikasi China Unicom. Sama seperti Tizen, YunOS juga bisa digunakan pada Smart TV, peralatan rumah tangga, mobil, Smart Home dan perangkat wearable.



Via My Drivers (CN)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar