Jumat, 01 April 2016

Skolkovo dan Tizen Rusia bentuk IoT Association


Skolkovo Foundation dan Tizen Association Rusia telah membentuk Internet of Things (IoT) Association di Rusia yang beranggotakan pengembang solusi, operator jaringan, produsen hardware dan integrator peralatan. Salah satu langkah pertama yang diambil oleh asosiasi ini, mulai dari mengembangkan proposal pada arah baru untuk penelitian dan standarisasi lingkup IoT baik di Rusia maupun internasional.

Kebutuhan untuk menciptakan IoT Association di lingkup Skolkovo, tempat berkumpulnya startup dan perusahaan teknologi atau Silicon Valley versi Rusia, diumumkan pada bulan Oktober tahun lalu.

"Asosiasi ini didirikan, karena adanya kebutuhan untuk menggabungkan berbagai upaya yang dibuat di daerah ini sudah sangat jelas. Satu orang atau satu perusahaan tidak akan dapat menyelesaikan semua masalah yang dihadapi oleh industri di Rusia dan dunia. Platform tunggal akan membantu membawa bersama perusahaan-perusahaan yang beroperasi di salah satu pasar yang paling berkembang," kata Alexander Anufrienko dari Skolkovo Foundation yang sekarang juga memimpin IoT Association. "Setiap anggota asosiasi memiliki kekuatan mereka sendiri, dan pengalaman menunjukkan bahwa setiap perusahaan bersedia dan mampu untuk bernegosiasi. Hanya dengan upaya bersama kita akan dapat mengembangkan standar industri IoT di Rusia dan memasukkan standarisasi ini untuk industri IoT di dunia."

Saat didirikan, IoT Association beranggotakan 20 perusahaan dan organisasi, diantaranya Skolkovo Foundation, iRidium Mobile, DEUS, Chutkij Dom, GO+, perwakilan dari Tizen Association Rusia, agen real estate MSK Key beserta afiliasi manajemen/penyedia jasa, operator telekomunikasi Rostelecom dan Beeline, Nano-Center Tehnospark MTUCI, T-ONE Group, M2M Telematika dan lain-lain.

"Dalam hal ini, penting untuk membesarkan nama organisasi melalui pemberian solusi yang strategis, serta kegunaan dan kemampuan untuk melaksanakan pekerjaan yang sebenarnya. Kegiatan asosiasi juga mencakup fungsi desain dan kegiatan yang inovatif, yang semua berasal dari kebutuhan pasar. Hal ini sesuai dengan format Skolkovo yang baru untuk berusaha melakukan prototyping dan penyebaran yang cepat, demi tujuan utama komersialisasi startup-startup kami," kata Alexander Anufrienko.

Pertemuan pertama dari IoT Association akan membahas rencana komersialisasi standarisai Rusia di bidang Internet of Things, baik di pasar dalam negeri dan luar negeri. Juga ikut dibahas kebutuhan untuk menyatukan upaya pelaku pasar, penciptaan konsorsium industri dari 'warga Skolkovo', serta partisipasi dalam pameran IoT internasional (khususnya Internet of Things World dan Internet of Things Developers Conference yang akan diselenggarakan pada bulan Mei di Santa Clara, Amerika Serikat).

Pertemuan IoT Association akan dijadwalkan secara teratur. Yang pertama dihadiri oleh perwakilan dari pelanggan potensial, yaitu perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam bidak konstruksi dan ritel.

"Kami telah mengumpulkan informasi dari HOA [homeowner association, asosiasi pengembang real estate - red] dan pengembang tentang apa yang menjadi solusi IoT yang paling menarik dan relevan. Ternyata yang paling siap untuk implementasi solusi tersebut adalah segmen bisnis dan perumahan, dengan premium dan ekonomi tidak begitu reseptif," kata Alexander Anufrienko. "Setelah diskusi, kita dapat mengatakan bahwa konsep 'smart home' akan bisa ditransfer dari film fiksi ke dalam kehidupan nyata. Untuk pemilik rumah akan memiliki solusi yang relevan untuk membantu mengontrol kondisinya - khususnya untuk kebocoran penggunaan air dan sistem pemantauan keamanan. Jika seseorang telah menempatkan pencahayaan smart home, mereka akan menghemat beberapa ratus rubel [mata uang Rusia - red] sebulan, dan jika Anda bisa mencegah kebocoran air dengan tidak membanjir apartemen sendiri dan dibawahnya, itu juga akan menghemat beberapa ratus ribu rubel lagi."

Isu utama yang sebenarnya menjadi perhatian anggota IoT Association adalah mengembangkan standar nasional untuk Internet of Thing untuk penggunaan sipil dan segmen industri, yang akan menggabungkan perangkat fisik yang heterogen dengan platform jaringan tunggal. "Ada sejumlah besar pekerjaan yang signifikan telah menanti, tapi jangan sampai berjalan di tempat," kata Alexander Anufrienko.

Salah satu aspek yang penting dari pasar IoT adalah keamanan informasi dan solusi keamanan. "Para ahli memprediksi bahwa dalam sistem IoT, 80% dari perangkat yang ada didalamnya rentan diserang sisi keamanannya. Di IoT Association kita tanggap akan situasi ini dan telah memikirkan langkah-langkah pencegahan dari penerobosan sistem keamanan perangkat. Saya berpikir bahwa anggota kami, seperti Tizen Association, telah aktif dalam pengembangan solusi masalah ini."

Alexander Anufrienko, pimpinan IoT Association dan Skolkovo Foundation

Di kancah internasional, ada banyak pemain kecil dan besar menawarkan solusi di bidang IoT. "Tapi proyek dalam negri Rusia memiliki kesempatan untuk menjadi populer di luar negeri," kata Alexander Anufrienko: "Keunikan dari Skolkovo adalah kebijakan dalam pemilihan proyek-proyek yang memiliki potensi yang baik untuk komersialisasi dan, pada saat yang sama, memproyeksikannya dengan komponen teknologi tinggi. Ini berarti bahwa hasil dari proyek tersebut sulit untuk disalin dalam waktu singkat - Anda tidak bisa membangun hal yang sama dengan cepat."

Setiap proyek yang dimiliki anggota IoT Association keunikan tertentu. Sebagai contoh, perusahaan Chutkij Dom berorientasi pada penciptaan sistem machine learning, yang akan mengingat suhu, kelembaban, pencahayaan, dan kenyamanan pemilik rumah pada satu waktu atau waktu yang lain. Sementara DEUS yang bergerak di bidang solusi pencahayaan, sedang melaksanakan proyek parkir yang pintar berdasarkan sistem pencahayaan parkir yang akan mengidentifikasi setiap mobil, pengemudi dan penumpang yang masuk.

"Saat ini kami bekerja di area yang paling mudah dipahami oleh pengguna akhir - khususnya, smart home. Pengalaman integrasi solusi perusahaan kami - termasuk asing - menunjukkan bahwa kita cukup kompetitif, jika kita memperhitungkan kekhususan pasar yang berbeda," kata Alexander Anufrienko.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar