Kamis, 17 Maret 2016

Samsung siapkan pesaing Siri, Google Now dan Cortana


Samsung Electronics akan menambahkan fitur artificial intelligence (AI) untuk smartphone dan semua perangkat pintar lainnya sebagai sebuah langkah untuk terus mengikuti tren teknologi terbaru, sekaligus juga untuk memperkuat layanan software mereka.

"Kami sedang mempertimbangkan untuk menambahkan teknologi AI untuk smartphone kami," kata Rhee In-jong, Wakil Presiden Eksekutif dan kepala R&D Software & Service di Samsung Electronics hari ini. "Ketika semua perangkat pintar menggunakan teknologi AI, kita akan mampu membangun sistem smart home yang sangat nyaman untuk digunakan."

Samsung Electronics saat ini sedang mengembangkan teknologi AI sebagai layanan asisten virtual untuk smartphone-nya, dengan menggunakan teknologi pengenalan suara. Fitur AI untuk layanan asisten virtual yang saat ini tersedia di smartphone diantaranya adalah Siri dari Apple, Google Now dan Cortana dari Microsoft. Samsung saat ini sudah memiliki layanan pengenalan suara S-Voice, namun masih jauh dari sempurna untuk menjadi asisten virtual pribadi seperti lainnya.

Samsung telah melakukan berbagai upaya maksimal untuk mengembangkan teknologi AI, diantaranya dengan berinvestasi di puluhan start-up yang mengembangkan AI dan bekerjasama dengan berbagai universitas di dunia untuk pengembangan AI. Investasi yang dilakukan oleh Samsung Venture Investment Corp. diantaranya untuk Jibo, Vicarious, Idibon, Expect Labs, Mind Meld, Reactor Labs, Automated Insights dan Maluuba. Atas semua investasi ini, CB Insights menempatkan Samsung di posisi keempat untuk daftar perusahaan yang telah berinvestasi di teknologi AI selama 5 tahun terakhir.

Rhee In-jong yang sebelumnya bertanggung jawab dalam pengembangan KNOX dan Samsung Pay mengatakan bahwa perusahaannya akan membina divisi software mereka agar bisa sekuat bisnis hardware yang sudah terkenal selama ini. Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pengembangan software, Samsung terus menambah software baru buat perangkat pintar mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar