Kamis, 25 Februari 2016

Samsung produksi massal UFS 256GB pertama di dunia yang lebih cepat dari SSD


Samsung Electronics hari ini mengumumkan bahwa mereka sekarang telah memproduksi massal memori embedded 256-gigabyte (GB) pertama di dunia berdasarkan standar Universal Flash Storage (UFS) 2.0, untuk perangkat mobile high-end generasi berikutnya. Memori embedded yang baru diperkenalkan ini memiliki fitur kinerja yang luar biasa untuk perangkat mobile yang melebihi SSD berbasis SATA yang biasanya digunakan untuk PC.

"Dengan menghadirkan memori high-density UFS yang kinerjanya hampir dua kali lebih cepat daripada SSD SATA untuk PC, kita akan memberikan kontribusi untuk pergeseran paradigma dalam pasar penyimpanan data mobile," kata Joo Sun Choi, Executive Vice President, Memory Sales and Marketing, Samsung Electronics. "Kami bertekad untuk mendorong keunggulan kompetitif dalam line-up media penyimpanan premium - OEM NVMe SSD, SSD eksternal, dan UFS - dengan bergerak agresif untuk meningkatkan kinerja dan kapasitas di semua pasar ini."

Memori UFS baru dari Samsung ini akan memuaskan keinginan untuk kecepatan yang sangat tinggi, kapasitas data yang besar dan ukuran chip yang kompak dalam smartphone high-end. Hal ini didasarkan pada chip memori flash V-NAND dari Samsung yang paling canggih dan dirancang khusus sebagai pengontrol berkinerja tinggi. Memori UFS menangani hingga 45.000 dan 40.000 operasional input/output per detik (IOPS) untuk masing-masing membaca acak dan menulis, lebih dari dua kali lebih cepat dari 19.000 dan 14.000 IOPS dari generasi memori UFS sebelumnya.

Untuk membaca berurutan, yang UFS 256GB ini mengambil keuntungan dari dua jalur transfer data untuk memindahkan data hingga 850MB/detik, yang hampir dua kali lebih cepat daripada kecepatan SSD berbasis SATA yang biasa digunakan di PC. Dalam hal menulis berurutan, mendukung hingga 260MB/detik, yang kira-kira tiga kali lebih cepat dari kinerja kartu microSD eksternal paling canggih

Akibatnya, memori UFS 256GB baru ini mampu mendukung pemutaran video Ultra HD secara mulus dan fungsi multitasking pada perangkat mobile dengan layar besar, seperti menonton film Ultra HD 4K pada layar split, sambil mencari file gambar atau men-download klip video. Kapasitas 256GB juga memungkinkan penyimpanan data dengan jumlah yang tak tertandingi pada perangkat mobile itu sendiri. Misalnya, satu chip UFS 256GB dapat menyimpan sekitar 47 film HD dengan lengkap (tanpa kompresi), sehingga memungkinkan fleksibilitas yang lebih besar dalam produk elektronik genggam buat konsumen.

Selain itu, dengan munculnya smartphone generasi berikutnya yang mendukung interface USB 3.0, pengguna akan dapat mentransfer data lebih cepat antara perangkat mobile. Interface USB 3.0 akan memungkinkan mengirimkan video klip 5GB setara Full-HD (rata-rata durasi film 90-min) dalam 12 detik. Dalam lingkungan penyimpanan baru ini, pengguna ponsel akan bisa mengambil keuntungan penuh dari manfaat kinerja memori UFS terbaru dari Samsung.

Menggunakan teknologi memori canggih kreasi Samsung, chip memori UFS baru ini sangat kompak, bahkan lebih kecil dari kartu microSD eksternal, sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar untuk desainer smartphone.

Samsung mengumumkan ketersediaan memori UFS 128GB pada bulan Februari tahun lalu. Dalam jangka waktu hanya satu tahun, mereka telah dua kali lipat meningkatkan kapasitas dan kecepatan memori UFS, yang seharusnya memacu pertumbuhan lebih lanjut dari pasar mobile. Samsung akan memperpanjang line-up media penyimpanan premium yang didasarkan pada memori flash V-NAND yang canggih termasuk UFS 256GB yang baru ini, dan meningkatkan volume produksi mereka sejalan dengan peningkatan permintaan global.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar