Sabtu, 02 Januari 2016

Tizen PASS untuk konvergensi lintas UX dan perangkat


Telah terjadi peningkatan dukungan untuk berbagai profil dan perangkat pada ekosistem Tizen. Sebagai sistem operasi yang multi/lintas platform, integrasi perangkat akan menjadi faktor utama dari aliran interface antara perangkat. Apakah itu fitur-fitur maupun konten yang ada di perangkat mobile, wearable, atau TV, faktor skalabilitas dan kegunaannya harus dapat diakses secara mudah oleh setiap pengguna. Untuk itu Samsung Electronics memperkenalkan "Tizen PASS" yang meliputi pengalaman pengguna (UX) dan fitur lintas perangkat dari Tizen Convergence Service Framework.

Tizen Convergence Service menghadirkan berbagai pengalaman pengguna (UX) dalam berbagi konten dan layanan antara perangkat Tizen yang berbeda. Layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan aplikasi dan konten Tizen secara bersama pada perangkat yang terhubung.


Tizen Convergence Service bertujuan untuk membangun Convergence Service Framework pada platform Tizen yng multi-profile dan memberikan lingkungan yang baik untuk pengembang untuk menerapkan aplikasi yang berhubungan dengan layanan konvergensi.

Convergence Service Framework terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Service Adaptor yang akan diterapkan mulai Tizen 2.4, serta Unified Storage System atau Cloudbox dan Tizen PASS yang keduanya akan diterapkan mulai Tizen 3.0.


Tizen PASS adalah platform konvergensi untuk pengalaman 'multi-device' yang lebih baik yang bekerja melalui metode penyiaran atau broadcasting. Tizen PASS mencoba untuk meniru cara manusia dalam berkomunikasi (Speak > Listen > Do) antar satu sama lain. Jadi Tizen PASS mendukung 3-langkah (Toss > Stream > Act).

Toss
Toss menyediakan fungsi untuk mengirim data ke aplikasi lainnya antar perangkat. Aplikasi remote dari perangkat yang digunakan pengguna dapat menerima data yang dibuat oleh fungsi dari aplikasi lainnya yang menggunakan Toss ini dengan mudah.

Stream
Stream menyediakan fitur lintas-perangkat untuk berbagi data dalam Stream. Fungsi ini memberikan informasi tentang perangkat yang terhubung. Aplikasi yang digunakan pengguna dapat mendapatkan data toss, status perangkat, dan daftar perangkat yang menggunakan Stream ini dengan mudah.

Act
Act menyediakan fungsi untuk meluncurkan aplikasi lainnya antara perangkat. Aplikasi yang digunakan pengguna dapat meluncurkan aplikasi remote dengan data menggunakan Act ini dengan mudah.



Untuk lebih jelasnya bisa menonton video konsep dari Tizen PASS (yang awalnya diberi nama S-PASS) berikut ini.



Dan berikut ini penjelasan Tizen PASS secara lebih lanjut dari slide yang semapt diperlihatkan di SOSCON 2015 kemarin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar