Jumat, 01 Januari 2016

Mengenal Breeze Sans, jenis huruf baru di OS Tizen


Memilih jenis huruf yang tepat sangatlah penting karena aplikasi Tizen mengandalkan desain yang didorong oleh penggunaan konten sebagai tujuan utamanya. Tipografi yang mudah dibaca dapat meningkatkan kegunaan dari desain dengan membantu pengguna untuk lebih memahami konten.

Breeze Sans, jenis huruf utama yang digunakan oleh sistem operasi Tizen mulai versi 2.4, dirancang khusus untuk Tizen user interface (UI). Font ini memberikan pembacaan yang sangat baik di semua ukuran layar, termasuk resolusi WVGA dan HD.

Breeze Sans adalah jenis huruf sans-serif humanis untuk sistem penulisan Latin, Yunani, dan Kiril yang dirancang oleh Dalton Maag untuk Samsung pada tahun 2013. Versi sebelum Tizen 2.4 menggunakan Tizen Sans yang dirancang oleh Fontrix. Tizen juga menggunakan kembali font Breeze Sans untuk sistem penulisan lain yang dirancang oleh Fontrix.

Dalton Maag merupakan perusahaan desainer font independen dengan berkantor di London, Inggris, dan Porto Alegre, Brasil. IDesain font kreasi mereka banyak untuk digunakan untuk penciptaan identitas perusahaan, logo, dan penggunaan teks lainnya. Mereka memiliki perpustakaan dari 26 font ritel dan menawarkan penciptaan font khusus dan jasa modifikasi untuk klien mereka, yang sebagian besar adalah perusahaan-perusahaan kelas atas seperti Amazon, Nokia, BMW, Vodafone, Ubuntu dan Toyota.


Penggunaan Breeze Sans ini disesuaikan dengan Air UX baru yang digunakan mulai Tizen 2.4. "Air" atau udara adalah salah satu inspirasi di balik desain Tizen. Konsep ini diperkenalkan untuk mencapai prinsip-prinsip kunci dari keterbukaan, aliran, rasa ingin tahu, dan fokus. "Air" adalah elemen konseptual yang menginspirasi pengalaman visual yang terbuka, fleksibel, dan kaya. Desain harus dibuat untuk memuaskan pengguna dengan presentasi yang diperkuat secara visual.

Di dalam prinsip desain Air UX, "Air" akan berinteraksi dengan "Ground," "Ground," dan "Wind," untuk menciptakan hasil yang berbeda.

"Ground" melambangkan struktur dan tata letak desain Tizen. "Ground" adalah variasi halus dari prinsip-prinsip "Air", seperti warna, tema, dan variasi desain keseluruhan. "Wind" diciptakan oleh aliran dan gerakan "Air." Dan "Breeze" akan memperkuat semuanya. Buat Tizen, semua unsur itu melambangkan gerak visual dari desain grafis yang menyenangkan.


Jenis huruf Breeze Sans hadir dalam varian light, medium, reguler, dan terkondensasi, dan masing-masing varian memiliki jenis thin, light, regular, medium, bold, dan Num-3L. Anda bisa men-download jenis huruf Breeze Sans ini dari sini untuk diinstal di PC atau perangkat lain.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar