Senin, 04 Januari 2016

Linux Foundation luncurkan distribusi AGL Unified Code Base baru untuk smart car


Automotive Grade Linux (AGL), sebuah proyek kolaborasi open source mengembangkan software stack coomo untuk connected car berbasis Linux, hari ini mengumumkan distribusi AGL Unified Code Base (UCB) baru yang dibangun khusus untuk industri otomotif. Distribusi Linux yang baru ini dibangun dari bawah ke atas untuk mengatasi aplikasi khusus otomotif dan memanfaatkan komponen software terbaik dari AGL dan proyek open source lainnya seperti Tizen dan GENIVI Alliance.

Dengan menyesuaikan distribusi untuk memenuhi persyaratan otomotif tertentu, distribusi AGL UCB baru ini berada dalam posisi yang unik untuk menjadi standar de facto untuk industri, memungkinkan pengembang dan produsen mobil untuk meningkatkan software stack berbasis Linux untuk membuat software di dalam kendaraan. Mobil dan pemasok dapat berkolaborasi langsung dengan komunitas pengembang AGL global untuk memajukan software buat aplikasi connected car.

"Industri otomotif membutuhkan standar sistem operasi terbuka dan kerangka untuk memungkinkan mobil dan pemasok untuk dengan cepat membawa kemampuan seperti smartphone untuk mobil," kata Dan Cauchy, General Manager Otomotif di Linux Foundation. "Distribusi baru ini mengintegrasikan komponen terbaik dari AGL, Tizen, GENIVI dan open source code terkait menjadi AGL Unified Code Base tunggal, yang memungkinkan pembuat mobil untuk memanfaatkan platform umum untuk inovasi yang cepat. Distribusi AGL UCB akan memainkan peran besar dalam penerapan sistem berbasis Linux untuk semua fungsi di dalam kendaraan."

Sudah beberapa anggota AGL, termasuk Toyota, Aisin AW, DENSO, Fujitsu Ten, HARMAN, Panasonic, Pioneer dan Renesas Electronics berencana untuk menggunakan distribusi AGL Unified Code Base untuk menghadirkan in-vehicle infotainment modern dan pengalaman connected car untuk konsumen. Jaguar Land Rover, anggota dewan Linux Foundation, juga menghadirkan sistem infotainment berbasis Linux di kendaraan mereka.

"Pengumuman distribusi AGL Unified Code Base baru ini adalah langkah pertama yang signifikan dalam menciptakan ekosistem terbuka berbasis di sekitar platform umum yang akan mempercepat inovasi fitur infotainment yang cepat," kata Ken-ichi Murata, General Manager BR Connected Strategy & Planning department di Toyota Motor Corporation. "Toyota berencana untuk mendukung peningkatan distribusi secara berdampingan untuk sistem infotainment masa depan untuk menghadirkan pengalaman connected car yang canggih buat pelanggan kami."

Meskipun awalnya difokuskan pada In-Vehicle-Infotainment (IVI), distribusi baru telah dibuat untuk memungkinkan profil yang berbeda yang akan dibuat dari basis kode yang sama untuk mengatasi semua aplikasi di dalam mobil, seperti instrument cluster, heads up display, telematika dan connected car. Ideal untuk menyebarkan fungsi navigasi, komunikasi, keselamatan, keamanan, dan infotainment dari "smart Car", distribusi AGL UCB didukung oleh komunitas yang luas dari partisipan dari Industri otomotif, komunikasi, dan semikonduktor serta pengembang individu.


Fitur baru AGL dan Manfaatnya

Berdasarkan Yocto Project, sebuah lingkungan pengembangan Linux embedded yang lengkap dengan alat-alat, metadata, dan dokumentasi, distribusi AGL baru termasuk:
  • Distribusi berbasis Linux yang lengkap berdasarkan Yocto Project
  • Lapisan IVI common yang dapat digunakan bersama oleh beberapa proyek (AGL, GENIVI, dan lainnya)
  • Infrastruktur pengembangan open source yang lengkap termasuk repositori kode Git, kode Gerrit dan Jira bug dan masalah pelacakan, semua yang diselenggarakan oleh Linux Foundation
  • Integrasi berkesinambungan melalui Jenkins
  • Infrastruktur pengujian otomatis
  • Westin IVI shell dengan ekstensi Wayland IVI (dari GENIVI)
  • Dukungan untuk QT multimedia dan aplikasi QML
  • Aplikasi demo untuk Home Screen, Media Browser, HVAC Control dan Display, Radio AM/FM dan Navigasi
  • MOST device driver open source pertama yang dikembangkan oleh Microchip Technology
  • Pilihan untuk aplikasi native dan HTML5

Kolaborasi terbuka dalam komunitas AGL berarti dukungan untuk beberapa arsitektur dan platform hardware. Distribusi AGL awalnya mendukung platform berikut, dengan lebih banyak platform yang akan ditambahkan dalam beberapa bulan mendatang:
  • Renesas R-CAR M2 PORTER
  • Renesas R-CAR E2 SILK
  • Berbagai Intel board seperti MinnowBoard MAX
  • QEMU x86

AGL UCB, yang di-host pada server Linux Foundation dan terbuka untuk siapa saja, tersedia untuk di-download disini.

Ford, Jaguar Land Rover, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Subaru dan Toyota adalah salah satu produsen mobil pertama yang berpartisipasi dalam proyek kolaborasi AGL. Anggota lain termasuk ADIT, Aisin AW, Codethink, DENSO, Fujitsu Ten, Konsulko Group, HARMAN, Intel, Mitsubishi Electronics, Mentor Graphics, NTT DATA MSE, Panasonic, Pioneer, The Qt Company, Renesas Electronics, Wind River dan banyak lainnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar