Selasa, 01 Desember 2015

Smartphone Galaxy menurun, Samsung Mobile ganti pimpinan


Samsung Group hari ini mengumumkan pergantian pimpinan eksekutif di beberapa unit bisnis dibawahnya untuk memberikan kesegaran dan membantu mempertahankan kepemimpinannya. Perombakan manajemen puncak ini adalah yang pertama dibawah vice chairman yang baru, Lee Jay-yong (Jay Y. Lee).

"Kami telah mengubah pemimpin bisnis utama di sektor produk akhir untuk menyegarkan suasana organisasi untuk bisa melakukan lompatan kembali," kata salah satu pejabat dari Samsung Group. "Kami juga telah memperkuat prinsip personil kami dengan menghormati manajer yang memiliki keahlian teknis dengan mempromosikan mereka untuk memimpin pengembangan produk inti mobile dan semikonduktor ke tingkat presiden."

Untuk Samsung Electronics, Samsung Group telah menunjuk pimpinan baru untuk bisnis mobile mereka agar mampu menghadapi persaingan yang semakin sengit dengan Apple di segmen high-end dan beberapa produsen China di segmen low-end. Samsung telah mempromosikan wakil presiden eksekutif Koh Dong-jin (DJ Koh) menjadi presiden dan kepala dari Samsung Mobile yang bertanggung jawab dalam mengelola bisnis smartphone.

DJ Koh yang sebelumnya adalah pimpinan dari divisi R&D mobile, akan mengambil alih operasional sehari-hari dari bisnis komunikasi mobile dari pimpinan eksekutif sebelumnya Shin Jong-kyun (JK Shin), Presiden dan CEO Samsung Electronics untuk divisi IT & Mobile Communications (IM).

Menurut Samsung, pimpinan dari bisnis komunikasi mobile yang baru ini akan memperkuat daya saing menggunakan pengalamannya dalam pengembangan software dimana dia sebelumnya terlibat dalam pengembangan solusi dan layanan seperti Samsung Pay, KNOX dan platform software Tizen. Sementara untuk produk smartphone dia terlibat dalam pengembangan Galaxy S6 dan Note 5.

"Dengan mempromosikan sosok yang mempelopori pengembangan produk utama kami, kami telah memperkuat kembali pentingnya manajemen yang berpusat pada teknologi," kata juru bicara Samsung. "Inti dari perombakan tahun ini terletak dalam memilih orang-orang yang dianggap mampu membuat perubahan dan mencapai pertumbuhan."

JK Shin sebagai pimpinan sebelumnya akan mempertahankan jabatannya tetapi akan "fokus pada strategi bisnis jangka panjang dan dorongan pertumbuhan baru berdasarkan pengalamannya yang panjang" setelah meninggalkan tanggung jawab sebelumnya. Beberapa sumber dari Korea berspekulasi bahwa dia akan diberhentikan karena penjualan yang terus memburuk dari smartphone Galaxy dalam beberapa tahun terakhir, namun Samsung masih menghormatinya sehingga memberikan tugas baru sebagai penasehat untuk sementara waktu.

Sebelum menjadi CEO, JK Shin dikenal dengan keahliannya dalam bidang hardware sebagai engineer utama di Samsung Electronics. Dia memperkenalkan smartphone seri Galaxy saat pertama kali menjabat sebagai pimpinan Samsung Mobile pada tahun 2011, sehingga media Korea sering menyebutnya sebagai "Mr. Galaxy".

"Koh Dong-jin diharapkan bisa memimpin lompatan kedua dari bisnis mobile karena ia memiliki visi dan keahlian pada pengembangan solusi dan layanan seperti software keamanan mobile KNOX dan layanan pembayaran mobile Samsung Pay," kata sumber resmi dari Samsung Group.

Reshuffle datang 19 bulan setelah chairman Samsung Lee Kun-hee dirawat di rumah sakit setelah serangan jantung. Pengumuman hari ini juga menandai tahun kedua sejak vice chairman Samsung Electronics Jay Y. Lee, satu-satunya putra dan pewaris tahta dari chairman Lee yang terus terbaring koma di tempat yang secara implisit telah mengambil alih kepemimpinan.

Vice chairman Jay Y. Lee juga dikenal sebagai pendukung utama untuk penggunaan software berbasis Tizen di perusahaannya. Tercatat dia yang mendorong Samsung untuk menggunakan Tizen untuk produk wearable seperti Samsung Gear S dan Gear S2, serta menguji coba sendiri produk smartphone Tizen seperti Samsung Z3.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar