Rabu, 02 Desember 2015

Samsung siapkan hardware khusus untuk Gear S3


Divisi IT & Mobile (IM) dari Samsung Electronics telah merancang sistem hardware khusus untuk digunakan pada smartwatch Gear S3 (nama tentatif) yang akan meluncur tahun depan. Ini adalah untuk pertama kalinya divisi IM Samsung ikut merancang dan mengarahkan proses pengembangan dan pembuatan semikonduktor yang dilakukan oleh divisi Samsung LSI.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, prosesor aplikasi (AP) dan berbagai sensor untuk Gear S3 akan ditanamkan secara langsung ke perangkat. Hal ini akan meningkatkan waktu hidup baterai dan mempercepat kinerja perangkat karena semuanya terpusat pada satu tempat.

Pusat R&D dari Samsung Electronics Digital Media & Communications (DMC) dikabarkan sudah mulai menjalankan solusi dari proyek ini atas permintaan divisi IM.

Prosesor dual-core Exynos 3250 berbasis ARM Cortex-A7 1Ghz yang dirancang khusus oleh divisi Samsung LSI untuk perangkat wearable akan menjadi referensi buat prosesor baru untuk Gear S3 setelah sebelumnya juga digunakan pada Gear S dan Gear S2. Divisi IM yang merasa bahwa spesifikasi Exynos 3250 masih terlalu tinggi dan boros daya telah menemukan solusi dengan mengurangi jumlah core, begitu juga dengan clock speed-nya.

Selain itu juga akan ditempatkan sensor hub yang bertugas mengolah informasi dari berbagai sensor dari waktu ke waktu, sehingga tidak perlu lagi diproses di CPU. Hal ini akan membuat prosesor utama memiliki lebih banyak waktu siaga (standby) yang imbasnya bisa mengurangi konsumsi daya secara signifikan.

Sementara jika sebelumnya microcontroller (MCU) dibangun terpisah dengan sensor hub, maka melalui rancangan khusus terbaru dari divisi IM yang akan diproduksi oleh divisi Samsung LSI semuanya akan built-in di blok desain yang sama dengan prosesor.

Ada kemungkinan Samsung juga akan menggunakan GPU terbaru ARM Mali-470 pada Exynos seri 3 yang baru yang dirancang berdasarkan GPU Mali-400 yang populer. Memiliki kinerja yang sama, namun Mali-470 hanya mengkonsumsi separuh daya yang diperlukan oleh Mali-400. ARM memprediksi bahwa perangkat pertama yang menggunakan GPU Mali-470 akan hadir pada akhir 2016 yang juga bertepatan dengan peluncuran smartwatch Tizen tiap tahunnya.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar