Minggu, 13 Desember 2015

Samsung akan kembali jualan PC di 2016


Samsung Electronics berencana untuk membangun kembali bisnis PC mereka mulai tahun depan setelah sempat merosot karena tergerus popularitas perangkat mobile. Samsung merasa PC masih merupakan produk IT utama, sehingga pabrik produksi PC mereka di Suzhou di China akan kembali menerima peningkatan produksi.

Menurut sumber industri di Korea hari ini, Samsung Electronics telah mendirikan 'Tim Bisnis PC' dalam divisi nirkabel setelah mengumpulkan karyawan di bidang pengembangan, desain dan pemasaran produk PC yang tersebar di seluruh divisi IT & Mobile (IM). Direktur Eksekutif Choi Young-kyu dari Departemen Bisnis Nirkabel akan menjadi pemimpin Tim Bisnis PC. Dia adalah orang yang merupakan pemimpin dari Tim Pengembangan PC ketika unit bisnis IT Solution masih berjalan di masa lalu dan dia juga mengembangkan banyak produk populer seperti Laptop/Ultrabook Series 9 dan lain-lain.

Microsoft dan mitra penyedia komponen seperti Intel, AMD, Nvidia dan lainnya yang memasok chip CPU, GPU untuk Samsung Electronics sebelumnya telah diberitahu informasi tersebut pada bulan Oktober. Afiliasi Samsung Group seperti unit bisnis memori dari Samsung Electronics Device Solution (DS), Samsung Display (layar), Samsung Electro-mechanics (penyedia board dan komponen elektronik lainnya), serta Samsung SDI (baterai) juga akan fokus pada reorganisasi baru ini.

Tim Bisnis PC baru akan merekrut karyawan tambahan pada akhir tahun ini dan juga akan mereorganisasi lini produk dengan tujuan bisa merilis produk baru di paruh kedua 2016. Tim ini juga akan mengembangkan PC kelas premium baru yang akan menjadi unggulan dari semua produk dan akan mengembangkan strategi untuk memperluas pengiriman dalam 3 tahun dari sekarang setelah proses reorganisasi lini produk telah selesai. Namun modifikasi pada siapa yang akan bertanggung jawab atas bisnis tablet belum diputuskan. Ada kemungkinan besar bahwa Tim Bisnis PC akan bertanggung jawab untuk produk berbasis OS Windows dari Microsoft atau Linux seperti sebelumnya.

Bisnis PC Samsung Electronics yang pernah hampir bangkrut tumbuh dengan cepat antara tahun 2009 dan 2012. Setelah itu melonjak dengan keberhasilan pengiriman 10 juta PC untuk pertama kalinya pada tahun 2010, dan merek Samsung berada di atas 10 besar dalam industri PC untuk pertama kalinya. Pada tahun 2011, Samsung berhasil mengirimkan 14,3 juta unit PC. Sementara produsen PC tradisional yang kuat seperti HP dan Dell tumbuh pada tingkatan satu digit atau mengalami penurunan, Samsung Electronics bersama dengan Apple dan Lenovo malah bisa meningkatkan pengiriman produk PC mereka dengan peningkatan 20% sampai 30% setiap tahun. Samsung Electronics bahkan diramalkan akan menduduki posisi 3 besar dalam bisnis PC global du tahun 2015.

Namun bisnis PC Samsung kembali menurun setelah unit bisnis IT Solution menghilang dan sebagai gantinya unit ini diserap dan dikombinasikan untuk Departemen Bisnis Nirkabel dalam divisi IM karena reorganisasi Samsung Group pada akhir 2012. Divisi IM kemudian lebih terobsesi dengan perangkat mobile Galaxy yang menjadikan produk lain yang juga menjadi tanggung jawabnya menjadi terbengkalai.

Setelah itu pengiriman PC menurun menjadi 12,5 juta pada tahun 2012, dan terus menurun hingga bahkan kurang 6 juta unit PC di tahun 2014. Diperkirakan bahwa pengiriman tahun ini akan berada di antara 3 dan 4 juta unit, dan karena pengiriman PC mengalami penurunan, tingkat operasional untuk pabrik-pabrik produksi PC milik Samsung di di Suzhou juga menurun.

Situasi ini, seperti telah disebutkan sebelumnya, karena Departemen Bisnis Nirkabel yang berpusat pada bisnis smartphone, memilih strategi manajemen yang berpusat hanya pada membuat keuntungan sesaat. Alih-alih menjual produk PC yang memiliki rasio keuntungan kecil, mereka lebih memutuskan untuk menjual lebih banyak tablet Android yang mengikuti tren smartphone Galaxy. Hal yang sama juga terjadi pada bisnis kamera yang juga diserap oleh divisi IM, dengan memaksakan OS Android pada kamera digital Galaxy Camera yang tidak berhasil di pasaran karena kinerjanya yang buruk dan boros baterai.

Karena karyawan dalam pengembangan PC dan desain mulai menyebar ke seluruh Departemen Bisnis Nirkabel, maka mereka tidak bisa menemukan desain baru. Laptop yang diproduksi oleh Samsung Electronics saat ini masih didasarkan pada desain dari tahun 2011 dan 2012.

"Dengan tim bisnis baru yang telah didirikan, kecepatan pengambilan keputusan akan menjadi lebih taktis dan jumlah pengiriman juga akan meningkat karena manajemen yang bertanggung jawab penuh melalui tim bisnis baru ini," kata seseorang yang terkait dengan Samsung Electronics mencoba mengutarakan harapannya.

"Penjualan untuk perusahaan di Korea Selatan juga akan meningkat jika Samsung Electronics berfokus pada bisnis PC lagi." kata seseorang dari mitra industri komponen Samsung. "Perusahaan kami juga menunjukkan ekspektasi positif terhadap berbagai pergerakan baru ini."


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar