Jumat, 06 November 2015

Tizen TV Weekend 2: Penjualan smartphone perdana untuk OS Mobile baru


Penjualan smartphone perdana yang sukses untuk sistem operasi (OS) mobile baru menandakan bahwa sejak awal OS ini sudah disukai oleh konsumen, entah karena pengalaman pengguna (UX), desain hardware atau fitur-fitur andalannya. Tapi sukses awal ini tidak selalu menjamin masa depannya akan mulus dalam menghadapi persaingan di pasar mobile dunia.

Apple iOS adalah contoh OS mobile yang sukses sejak awal hingga saat ini. Apple iPhone edisi perdana yang dirilis pada bulan Juni 2007 sukses terjual sebanyak 1 juta unit hanya dalam waktu 74 hari saja. "Satu juta iPhone dalam 74 hari - butuh waktu hampir dua tahun untuk mencapai tonggak ini dengan iPod," kata CEO Apple Steve Jobs waktu itu. "Kita tidak bisa menunggu untuk menghadirkan produk revolusioner ini ke tangan lebih banyak konsumen di musim liburan ini."




Samsung bada adalah contoh sukses OS mobile baru kedua yang kemudian diabaikan oleh pemiliknya sendiri. Samsung Wave (model GT-S8500) adalah smartphone perdana paling sukses sepanjang sejarah untuk sebuah OS mobile baru. Dalam waktu kurang dari sebulan (30 hari), Samsung Wave sudah terjual 1 juta unit di kawasan Eropa saja. Berita ini disampaikan langsung oleh kreator OS bada, Justin Hong dari Samsung Electronics.



Namun sayangnya prestasi Samsung Wave tidak diikuti oleh penerus-penerusnya karena kemudian Samsung lebih memilih bekerjasama dengan Google untuk memasarkan smartphone Android lewat merek Galaxy.





Yang hampir senasib dengan bada adalah MeeGo, satu-satunya smartphone MeeGo yang secara resmi hadir di pasaran cuma Nokia N9. Tidak ada angka resmi yang diumumkan, tapi beberapa orang termasuk Tomi Ahonen, mantan eksekutif Nokia yang kini menjadi analis industri seluler, memperkirakan kalau Nokia N9 terjual antara 1,5 - 2 juta unit selama Q4 2011 (3 bulan) yang berarti hampir dua kali lipat yang dicapai oleh Apple iPhone perdana di tahun 2007.

Baik Samsung Wave maupun Nokia N9 adalah smartphone legendaris pada jamannya, dirilis secara terbatas hanya di beberapa negara dengan iklan yang terbatas pula. Samsung Wave dan Nokia N9 memiliki keunikan, kesederhanaan dan keindahan dalam segala hal, hardware maupun software. Tidak seperti smartphone saat ini yang semuanya hampir seragam, sulit dibedakan kalau tidak melihat dari jarak dekat.

Tidak ada angka yang resmi untuk penjualan HTC Dream, smartphone perdana dengan OS Android v1.6 (Donut) yang dirilis pada bulan Juni 2009, sehingga bisa jadi belum pernah mencapai penjualan 1 juta unit hingga sekarang. Banyak kelemahan pada perangkat ini sehingga terkesan semuanya terlalu sederhana dan belum matang, seperti desain hardware dan UI yang kaku, fitur multimedia yang seadanya hingga tidak adanya kemampuan untuk merekam video sehingga tidak ada video player juga.

Android baru tinggal landas saat perilisan Motorola DROID (Motorola Milestone) di bulan Oktober 2009 lewat serangkaian kampanye iklan besar-besaran dari Verizon, operator terbesar di Amerika Serikat. Salah satu kelebihan Android adalah kecepatan update software mereka sehingga Motorola DROID dengan OS Android 2.0 (Eclair) terlihat sudah jauh berbeda dibanding yang ada di HTC Dream. Perusahaan riset memperkirakan Motorola DROID terjual 1 juta unit setelah 74 hari.

Seperti yang kita tahu, smartphone perdana dengan OS Tizen Samsung Z1 terjual 1 juta unit selama 4 bulan atau hampir dua kuartal sejak dirilis perdana pada akhir Januari yang lalu. Samsung Electronics merilis Z1 di beberapa negara Asia Selatan seperti India dan Bangladesh secara bertahap. Karena faktor pemasaran sangat berpengaruh pada penjualan, berikut ini kita tampilkan video iklan Samsung Z1 di negara-negara tersebut.




India




Bangladesh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar