Kamis, 05 November 2015

Tizen salip BlackBerry di Q3 2015


Menurut laporan terbaru berjudul Global Smartphone OS Market Share by Region: Q3 2015 yang diterbitkan oleh lembaga riset pasar Strategy Analytics, tiga sistem operasi untuk smartphone masing-masing Android, Apple iOS dan Tizen mengalami peningkatan pangsa pasar di kuartal ketiga 2015, sementara Windows Phone, BlackBerry dan Firefox mengalami penurunan di kuartal yang sama.

Berdasarkan perhitungan tahun-ke-tahun pada pangsa pasar masing-masing OS, Android hanya mengalami peningkatan sedikit, sementara Apple memperoleh traksi lewat iOS, yang didorong oleh permintaan yang kuat untuk model iPhone terbaru. Microsoft Windows Phone, BlackBerry dan Firefox melayang turun, sementara Tizen mencatat pertumbuhan yang paling nyata dan menyalip BlackBerry menjadi OS smartphone yang terbesar keempat untuk pertama kalinya.

"Mengingat Samsung merek terkenal dan memiliki saluran distribusi yang mapan di India dan pasar negara berkembang lainnya, OS Tizen OS memiliki posisi yang baik untuk tumbuh lebih lanjut selama 2016," kata Linda Sui, direktur di Strategy Analytics yang menulis dalam laporan itu. Tapi Linda Sui memperingatkan bahwa Tizen "masih pada tahap sangat awal dan dibutuhkan waktu untuk membangun sebuah ekosistem yang layak."

Pangsa pasar smartphone sendiri secara global tumbuh 10% dalam hitungan tahun-per-tahun di Q3 2015.

Pangsa Pasar OS Mobile Selama Q3 2015:
  1. (Google + AOSP) Android...........298,0 juta unit
  2. (Apple) iOS..............................48,0 juta unit
  3. (Microsoft) Windows Phone............6,2 juta unit
  4. Tizen........................................1,0 juta unit
  5. BlackBerry OS............................0,8 juta unit
  6. Firefox OS.................................0,2 juta unit
  7. (Jolla) Sailfish............................0,1 juta unit
  8. (Canonical) Ubuntu Touch..............0,1 juta unit
Sumber: Strategy Analytics

Di kuartal sebelumnya, Q2 2015, smartphone Tizen juga untuk pertama kalinya menyalip Firefox OS yang lebih dulu hadir di pasar. Jika selama ini pangsa pasar smartphone Tizen cuma bergantung pada Samsung Z1 semata, maka untuk kuartal keempat akan mendapat tambahan amunisi dari pengguna baru untuk Samsung Z1 dan juga Samsung Z3.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar