Senin, 30 November 2015

Tizen berebut posisi kedua dengan iOS di Q3 2015


Setelah Samsung Z1 membuat Tizen sebagai sistem operasi (OS) smartphone terbesar kedua di segmen smartphone murah di India, kini Samsung Z3 membuat Tizen bisa bersaing dengan smartphone iOS dari Apple. Keberhasilan ini tidak hanya di segmen murah, tetapi untuk semua segmen smartphone dimana Samsung Z3 kini diposisikan untuk pasar menengah.

Menurut informasi terbaru dari layanan Handset Country Share Tracker (HCST) milik lembaga riset pasar Strategy Analytics, Tizen bersama-sama berbagi posisi kedua dengan iOS di pasar OS smartphone India selama kuartal ketiga 2015.

"Tizen menjadi sistem operasi smartphone terbesar kedua di India untuk pertama kalinya di Q3 2015," kata Rajeev Nair, analis senior di Strategy Analytics. "Ini adalah kemenangan kecil tapi sangat signifikan untuk platform yang didukung oleh Samsung ini."

Menurut Rajeev Nair, untuk tumbuh lebih lanjut pada tahun 2016, Tizen akan membutuhkan lebih banyak model smartphone, lebih sering perangkat yang diluncurkan, dan lebih baik aplikasi dalam ekosistemnya.

"Samsung mengerti bahwa masih ada jalan panjang untuk kesuksesan smartphone Tizen, di pasar yang didominasi Android ini dan mereka tidak boleh beristirahat kembali dengan keberhasilan awal ini," kata Rajeev Nair, analis senior di Strategy Analytics. "Sebagai penantang, untuk mempertahankan momentum awal ini dan membangun posisi lebih lanjut pada tahun 2016, Samsung akan memperluas portfolio handset Tizen, meluncurkan perangkat dengan lebih sering dan membangun ekosistem yang kuat dari aplikasi dan layanan."

Strategy Analytics juga mencatat bahwa peringkat global Tizen didorong terutama oleh keberhasilan pemasaran smartphone di India, di mana smartphone Tizen telah difokuskan pada segmen low-end melalui Samsung Z1 dan mid-end melalui Samsung Z3.

Sebelumnya melalui laporan Global Smartphone OS Market Share by Region: Q3 2015 pada awal November kemarin, Strategy Analytics juga mengungkapkan data yang menyatakan bahwa Tizen telah berhasil menggeser BlackBerry secara global setelah pada kuartal sebelumnya menyalip Firefox OS.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar