Kamis, 26 November 2015

Samsung tinggalkan pasar kamera Eropa


Samsung Electronics telah menarik diri dari pasar kamera di Inggris karena permintaan menurun, setelah menyusul penarikan dari pasar Eropa lainnya seperti Jerman, Portugal dan Belanda. Namun ini merupakan keputusan lokal yang belum tentu akan diikuti oleh pasar negara lain yang permintaannya masih menguat.

Samsung Electronics UK & Ireland mengiyakan laporan ini yang mencerminkan telah melemahnya pijakan dalam bisnis kamera di pasar Eropa.

"Di Inggris, kami telah melihat penurunan bertahap dan berkelanjutan dalam permintaan untuk kamera digital dan camcorder serta aksesoris yang terkait," kata sumber dari Samsung Electronics. "Untuk alasan ini, kami telah mengambil keputusan untuk phase out penjualan dan pemasaran produk-produk ini."

Tetapi Samsung Electronics kembali menegaskan bahwa keputusan untuk keluar ini adalah keputusan lokal yang berdasarkan pada kondisi lokal, yang sekaligus menentang beberapa laporan media yang mengindikasikan bahwa penarikan di beberapa negara Eropa menandakan sinyal untuk keluar dari bisnis kamera secara keseluruhan.

Spekulasi bahwa Samsung mungkin menghentikan bisnis kamera muncul awal tahun ini setelah mereka tidak merilis model kamera baru sejak Februari tahun ini. Samsung Electronics kemudian membantah laporan ini pada bulan September.

Bisnis kamera memang tidak lagi menjanjikan setelah pasarnya terus digerus oleh smartphone dengan kualitas kamera yang semakin membaik dari waktu ke waktu. Beberapa analis memprediksi hanya Canon dan Nikon yang masih bisa meraih keuntungan dari penjualan kamera walaupun terus menurun. Pelopor kamera Kodak telah bangkrut dan beberapa pemain lama seperti Olympus dan Leica juga mulai menghilang. Sony juga kini lebih banyak meraih keuntungan dari menjual sensor kamera untuk produsen smartphone.

Samsung telah melakukan serangkaian perubahan struktural dan alokasi anggaran untuk menggairahkan bisnis kamera mereka. Pada kuartal ketiga tahun lalu, divisi bisnis Digital Imaging yang memproduksi kamera digabungkan ke divisi IT & Mobile Communication setelah kinerja yang suram di pasar Korea.

Menurut firma riset pasar Gfk, pangsa pasar Samsung Electronics dalam kategori kamera mirrorless cuma 16 persen. Walaupun pendapatan terus naik selama 2015, Samsung diketahui belum merencanakan alokasi anggaran atau investasi apapun untuk bisnis kamera di tahun 2016. Selain kamera digital, Samsung sebelumnya juga telah keluar dari pasar laptop di Eropa pada akhir 2014 kemarin, namun mereka masih meluncurkan model laptop baru dan menjualnya ke pasar Amerika Utara dan beberapa negara Asia.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar