Sabtu, 14 November 2015

Tizen TV Weekend 3: RGBW TV vs 4K UHD TV


Saat 4K UHD TV yang empat kali lebih detil dari standar Full HD tumbuh cepat di pasar TV global, jenis RGBW TV juga muncul di pasar dengan harga yang lebih murah. Apa sebenarnya perbedaan dari RGBW TV dengan 4K UHD TV?

UHD TV, atau juga dikenal sebagai 4K TV, memiliki sekitar 8 juta (3840 × 2160) piksel, empat kali lipat jumlah piksel jika dibandingkan dengan Full HD TV (sekitar 2 juta piksel dengan resolusi 1920 × 1080). Hal ini memungkinkan 4K TV untuk menampilkan gambar yang sama dengan lebih rinci dan lebih jelas.


Namun disini RGBW TV atau WRGB TV memanfaatkan struktur pixel yang disebut RGBW (atau WRGB), yang berbeda dari struktur RGB yang menjadi standar dari 4K UHD TV. Metode baru ini mengubah beberapa sub-pixel RGB (Red, Green, Blue) ke sub-pixel White (W). Namun penambahan sub-pixel W ini bukan menambah total jumlah sub-pixel dalam satu panel layar, karena sub-pixel W ini berbagi tempat dengan sub-pixel RGB yang berdekatan, yang berarti mengurangi jumlah piksel keseluruhan menjadi cuma 2880×2160 atau 3K.


Teknologi RGBW oleh pengembangnya diklaim bisa meningkatkan kecerahan, mengurangi konsumsi daya dan mengurangi biaya produksi menjadi lebih murah. Berdasarkan pengujian dari HDTV Test, struktur sub-pixel RGBW ini malah bisa mengacukan sinyal video RGB yang diterima sehingga beberapa warna terlihat tidak seperti aslinya dan juga kehilangan ketajamannya.

Berikut ini video penjelasan perbedaan RGBW TV dan UHD TV.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar