Rabu, 18 November 2015

Perbedaan peta offline di Google Maps dan HERE Maps


Ada begitu banyak alasan kenapa peta offline lebih penting dan memiliki begitu banyak manfaat, selain tidak bergantung pada koneksi data internet, operasional navigasi juga bisa lebih diandalkan. Dengan dukungan offline, aplikasi peta favorit Anda juga bekerja lebih cepat dan lebih andal karena tidak harus memuat sejumlah besar data melalui jaringan seluler sebelum bekerja.

Menurut Google, sekitar 60% wilayah didunia tidak terdapat koneksi internet, dan bahkan dimana akses online tersedia, itupun jarang yang stabil sehingga bisa menguras baterai dan konsumsi data yang berlebihan. Disamping dibanyak negara, koneksi internet masih mahal. Untuk semua alasan itu, Google akhirnya meluncurkan fitur offline untuk layanan pemetaan mereka yang sebelumnya hanya dimiliki oleh HERE Maps.

Berikut ini perbandingan fitur pemetaan offline di Google Maps yang baru dan HERE Maps.

1. Perbedaan implementasi

Google Maps tetap merupakan aplikasi yang 'online first', artinya segera setelah mendeteksi adanya sambungan internet, Google Maps akan langsung online, tidak peduli apapun. Tidak mengherankan mengingat bahwa bisnis utama Google adalah mengumpulkan semua data penggunanya untuk dijual kepada pengiklan.

Tentu saja dengan online berarti Anda akan menerima informasi lalu lintas, citra satelit, data angkutan secara real time dan banyak lagi. Tapi ada beberapa alasan yang membuat Anda hanya ingin menggunakan aplikasi yang benar-benar offline, misalnya ketika Anda khawatir dibebani biaya internet yang mahal ketika pulsa tingga sedikit, atau ketika baterai ponsel lagi dalam kondisi kritis saat bepergian dengan kondisi jaringan yang tidak stabil tentunya. Dengan HERE Maps, Anda memiliki pilihan yang jelas antara offline dan online.

2. Perbedaan penyimpanan

Men-download peta untuk penggunaan offline tentunya akan mengurangi memori penyimpanan di smartphone Anda. Dengan HERE Maps, Anda misalnya dapat men-download seluruh negara bagian California dengan besaran data kurang dari 540MB. Sementara Google Maps membutuhkan sekitar jumlah ruang memori yang sama hanya untuk bagian dari California Utara.



3. Perbedaan cakupan

HERE Maps menampilkan peta offline untuk 132 negara, sedangkan untuk Google Maps masih belum jelas saat ini. Berdasarkan pengujian, peta offline di Google Maps belum tersedia di negara-negara Argentina, Chile, Azerbaijan, Turki, Indonesia, Maroko, Rusia, Estonia dan Siprus.

4. Perbedaan fitur

Bila Anda menggunakan HERE Maps atau Google Maps dalam modus offline, Anda dapat mencari suatu tempat dan merencanakan rute perjalanan ke sana dengan mobil.

Tetapi dengan HERE Maps Anda juga dapat memilih hingga tiga rute yang berbeda dan mana yang menjadi preferensi Anda (misalnya tercepat, terpendek, optimal). Selain itu, Anda mendapatkan navigasi buat jalan-jalan dan arah perjalanan bahkan ketika Anda sedang offline. Cukup berguna, terutama jika Anda sedang bepergian.

Semua itu belum ada di Google Maps.


5. Perbedaan ketersediaan

Layanan peta offline di Google Maps hanya tersedia untuk perangkat Android, sedangkan peta offline di HERE Maps sudah tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone maupun Tizen.

6. Perbedaan peta 3D

Ini adalah perbandingan fungsionalitas dari masing-masing peta 3D di HERE Maps dan Google Maps.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar