Kamis, 26 November 2015

Bagaimana memilih TV melengkung yang tepat untuk rumah Anda?


Arsitek dan desainer Spanyol Antoni Gaudi (1852-1926) pernah berkata, "Garis lurus milik laki-laki, yang melengkung milik Tuhan." Dan orang-orang di seluruh dunia telah lama mengagumi keindahan lanskap bumi yang melengkung secara alami. Banyak karya seni buatan manusia, termasuk Colosseum Romawi dan Sagrada Familia di Barcelona, juga telah dibuat untuk meniru bentuk-bentuk melengkung yang indah. Dan kekaguman akan keanggunan dan keindahan kurva ini tidak hanya berakhir dalam arsitektur atau alam.

Dalam industri TV baru-baru ini, ide desain melengkung telah diadopsi oleh banyak perusahaan teknologi, sehingga menghasilkan pengembangan televisi high definition dengan layar melengkung yang besar atau biasa disebut Curved TV. Tapi selain dari keindahan bentuk estetikanya, apa nilai praktis dari TV dengan layar melengkung?

Jawaban untuk pertanyaan itu terletak pada bentuk organik yang ramah terhadap mata dari layar melengkung, dan tingkat kelengkungan layar, yang dikombinasikan untuk menyediakan lingkungan yang optimal.


Desain ramah-mata berdasarkan rekayasa manusia

Ide di balik desain TV melengkung berasal dari struktur mata manusia. Berbentuk bulat, mata kita melihat objek dengan fokus pada cahaya melalui retina yang melengkung. Seperti ditunjukkan di bawah, gambar item yang datar pada retina cenderung agak terdistorsi bila dilihat dari sudut yang berbeda. Tapi ketika mata melihat objek yang diproyeksikan pada layar melengkung, retina dapat mengenalinya sebagai datar dengan mengurangi distorsi. Berdasarkan temuan dalam rekayasa manusia tersebut, kita sekarang melihat pergeseran paradigma dalam layar TV dari panel datar ke layar melengkung.


Bagaimana memilih TV layar melengkung yang tepat?

Saat ini berbagai TV melengkung sudah tersedia di toko-toko, bervariasi dari 40-, 48-, 55-, 65- dan 78-inci. Tapi banyak konsumen bertanya, "Berapa ukuran TV melengkung yang tepat untuk di rumah?" Meskipun beberapa mungkin mengatakan "lebih besar, lebih baik", namun yang paling penting untuk TV melengkung adalah derajat pembengkokan 'kelengkungan' atau radius dari layar melengkung. Ini adalah faktor kunci yang menentukan kualitas dari tampilan gambar di TV. Untuk menemukan kelengkungan optimal dari TV melengkung, sangat penting untuk memberikan pertimbangan penuh buat lingkungan penglihatan dari ruang tamu, perpindahan dalam ukuran dan jarak pandang umum dari pemirsa.


Untuk mencapai apa yang disebut kelengkungan terbaik, banyak produsen TV yang telah meneliti sudut pandang optimal dari berbagai titik ruang, seperti sandaran tangan sofa dan ujung yang berbeda dari ruang tamu. Penelitian telah menemukan bahwa jarak pandang terbaik untuk TV melengkung biasanya 3 - 3,5 meter untuk TV 40-inci, 3 - 4 meter untuk TV 55-inci, 4-5 meter untuk 65-inci dan 4,5 - 6 meter untuk 78-inci. Saat ini, TV melengkung 55-inci dengan kelengkungan 4000-4500R dan jarak pandang 4 - 4,5 meter adalah yang terbaik.


Membawa TV generasi berikutnya ke ruang keluarga

Sebagai pemimpin pertumbuhan pasar di masa depan, TV melengkung dengan desain yang indah dan teknologi canggih yang menarik semakin banyak diminati oleh konsumen di seluruh dunia. Menurut penelitian IHS, lebih 1 juta TV melengkung yang dikirimkan secara global pada kuartal kedua 2015, untuk pertama kalinya bahwa pengiriman TV melengkung melebihi 1 juta unit di satu kuartal. Juga pada semester pertama tahun 2015, pengiriman TV melengkung mencapai 1,79 juta unit, tumbuh 5,8 kali dibandingkan periode yang sama di tahun 2014. Mempertahankan momentum, total pengiriman TV melengkung diperkirakan akan mencapai 7,73 juta unit pada tahun 2016.


Didasarkan pada kombinasi yang seimbang dari keindahan dan fungsionalitas, TV melengkung sekarang membawa tidak hanya keindahan kelengkungan alam, tetapi juga nuansa sinematik layar film di ruang keluarga. Untuk menonton film blockbuster, yang harus Anda lakukan adalah duduk santai sambil menghidupkan TV melengkung Anda. Sudut pandang yang melebar dari TV melengkung Anda akan membuatnya merasa seolah-olah Anda berada di sebuah bioskop IMAX. Bagi pecinta TV yang ingin menikmati pengalaman film dengan lebih mendalam di ruang favorit mereka sendiri, TV melengkung akan membuat pengalaman menonton yang ideal.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar