Tips bugar dan sehat dengan S Health di Samsung Gear S2



Fitur dari aplikasi S Health yang menggabungkan penggunaan sensor accelerometer dan monitor denyut jantung pada Samsung Gear S2 akan sangat menguntungkan buat seseorang yang selalu ingin hidup sehat. Selain pelacakan aktivitas fisik dan asupan makanan sehari-hari, aplikasi ini juga dapat mendorong penggunanya untuk selalu bergerak ketika sudah tidak aktif lagi untuk beberapa saat lamanya.

Dan tidak seperti aplikasi diet dan kebugaran lainnya, S Health sangat mudah dalam hal pengaturan dan personalisasi pada Gear S2. Cukup ikuti tutorial berikut ini dan Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjadi sehat dalam waktu singkat. Untuk memulai, buka aplikasi S Health dari menu aplikasi di Gear S2.


Cara Melacak Gerakan Anda

Banyak yang mengatakan berbagai kegiatan adalah bumbu kehidupan, dan ini juga berlaku buat yang ingin menata kehidupannya untuk menjadi lebih bugar dan sehat. Dengan demikian, Gear S2 memungkinkan Anda untuk melakukn berbagai aktivitas kebugaran secara manual dengan berbagai jenis latihan yang memungkinkan pelacakan aktivitas yang lebih akurat.
  1. Putar bezel sampai muncul tampilan Exercise screen dalam aplikasi S Health.
  2. Tekan panah.
  3. Pilih kegiatan olahraga yang Anda inginkan. (Sebagai contoh, tekan Walking.)
  4. Untuk menggunakan layanan berbasis lokasi, tekan Accept.
  5. Sentuh target waktu untuk menyesuaikan, atau memutar bezel ke kanan untuk memilih distance (jarak) atau target calorie - atau tanpa target. (Misalnya, memutar bezel ke kanan untuk opsi jarak.)
  6. Tekan START.
  7. Anda dapat meninjau statistik Anda saat Anda berolahraga. Untuk menghentikan sementara latihan Anda, sentuh layar. (Catatan: Gesek ke kanan untuk melihat Music atau Duration, atau gesek ke kiri untuk melihat Calories, Speed dan Heart Rate.)
  8. Tekan FINISH.
  9. Untuk mengakhiri latihan, tekan ikon STOP.


Bagaimana Menentukan Target Latihan

Jalan-jalan mungkin cara termudah untuk melakukan rutinitas latihan sehari-hari. Hampir semua orang bisa melakukannya dan pasti melakukannya setiap hari. Anda tidak perlu pelajaran atau peralatan yang mahal. Meskipun begitu ada salah satu alat pelengkap yang sangat berguna, selain motivasi, yaitu pedometer. Studi telah menunjukkan bahwa kombinasi dari alat penghitung langkah kaki ini dan target dari tujuan latihan pribadi akan sangat efektif.
  1. Dalam aplikasi S Health, putar bezel ke menu Settings dan tekan Settings.
  2. Putar bezel ke kanan dan tekan Step target.
  3. Putar bezel untuk menetapkan target langkah harian Anda.
  4. Sentuh SET.
  5. Tekan tombol Back dua kali, kemudian putar bezel ke kiri ke menu Steps. Ini akan menampilkan jumlah langkah Anda yang sudah dijalani untuk hari ini dari target harian yang telah ditetapkan. Tekan nomor dan putar bezel ke kiri untuk meninjau history langkah Anda.


Bagaimana Mengukur Denyut Jantung

Untuk kesehatan jantung secara keseluruhan pada orang dewasa, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merekomendasikan setidaknya 150 menit untuk aktivitas sedang atau 75 menit untuk aktivitas aerobik yang intens untuk meningkatkan denyut jantung dan pernapasan per minggu. Salah satu cara untuk memantau intensitas aktivitas Anda adalah dengan memeriksa denyut jantung Anda untuk dibandingkan dengan perkiraan denyut jantung maksimum untuk usia Anda. Monitor denyut jantung pada Gear S2 memungkinkan Anda untuk dengan cepat memeriksa dan melacak latihan olahraga Anda, baik ketika sebelum, selama dan setelah melakukan aktivitas.
  1. Putar bezel ke kanan sampai tampil monitor Heart Rate.
  2. Tekan ikon monitor untuk memulai monitor denyut jantung. Built-in sensor di bagian belakang perangkat akan mengukur denyut jantung Anda.
  3. Rekam denyut jantung Anda dengan memilih tag yang menggambarkan keadaan saat ini. (Sebagai contoh, Resting atau After exercise.)
  4. Untuk melihat riwayat denyut jantung, tekan tombol Back. Kemudian, tekan bagian tengah layar Heart rate. Putar bezel untuk menavigasi rekaman history.


Agar Tidak Sampai Dehidrasi

Konsumsi air yang tepat adalah penting untuk mempertahankan gaya hidup sehat. Tidak minum air yang cukup dapat menurunkan kinerja fisik dan mental Anda, dan menyebabkan dehidrasi. Demikian juga, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, hipertensi dan pusing hingga timbul kecemasan dan agitasi. Dengan demikian, pemantauan asupan harian Anda dari air dan kafein adalah hal terpenting dan S Healt akan membuat proses ini menjadi jauh lebih nyaman.
  1. Putar bezel sampai muncul layar dengan ikon gelas air atau cangkir kopi.
  2. Tekan tanda plus untuk melacak jumlah gelas air atau cangkir minuman berkafein yang Anda konsumsi.
  3. Untuk meninjau asupan air dan kafein Anda, tekan dan tahan ikon. Putar bezel ke kiri untuk meninjau history asupan.


Cara Agar Tetap Kebugaran

Ketika Gear S2 mendeteksi bahwa Anda telah bergerak untuk sejumlah waktu tertentu, maka secara otomatis akan melacak peningkatan aktivitas Anda sebagai latihan olahraga dan mendorong Anda untuk tetap semangat dengan pesan motivasi. Demikian pula, akan memberitahu Anda jika Anda sudah duduk terlalu lama dan akan mendorong Anda untuk terus bergerak. Selain fitur ini bermanfaat, Anda juga dapat secara manual melacak latihan Anda berdasarkan jenis dan waktu dan meninjau tingkat aktivitas Anda selama 24 jam terakhir.
  1. Putar bezel ke layar aktivitas 24 jam.
  2. Tekan tengah layar untuk melihat level aktivitas Anda saat ini. Tekan lagi untuk melihat berapa lama Anda sudah berada di level aktivitas tersebut.
  3. Kemudian, putar bezel ke kiri untuk meninjau level aktivitas selama 24 jam terakhir, bersama dengan jumlah waktu Anda berolahraga, jenis latihan dan denyut jantung Anda berdasarkan pengukuran masukan Anda.


Comments