Jumat, 16 Oktober 2015

Highlight Samsung Enterprise Mobility Forum 2015


Pada 15 Oktober kemarin, Moskow menjadi tuan rumah acara bisnis tahunan Samsung Enterprise Mobility Forum 2015. Para peserta membahas isu-isu yang paling penting dari keamanan informasi pada perangkat mobile dan memperkenalkan solusi inovatif dalam enterprise mobility, serta tren pasar utama yang diidentifikasi dalam waktu dekat.

Selama berlangsungnya forum terbuka ini, untuk pertama kali diumumkan smartphone pertama yang berbasis OS Tizen di Rusia - Samsung Z3.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari perusahaan telekomunikasi dan IT terkemuka di Rusia, seperti MTS, Kaspersky Lab, Almaz Capital Partners, Red Hat, Russian Venture Company (RVC), dll. Hadir juga perwakilan dari Skolkovo Foundation dan Samsung Electronics.


Dalam sambutannya, Wakil Presiden Samsung Electronics HQ di CIS Choi Seung-sik mengatakan: "Samsung Enterprise Mobility Forum adalah acara tahunan bagi para profesional, di mana perusahaan dapat belajar tentang solusi teknis terbaru dan tren pasar, serta untuk menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan berbagai dari industri. Selama 2014, divisi Business dari Samsung Electronics berhasil menerapkan lebih dari 200 proyek di 33 industri yang berbeda di Rusia. Tahun ini kami sangat senang untuk bisa memperkenalkan alat baru untuk pelanggan korporat, yaitu platform mobile OS Tizen yang menjamin keamanan dan juga efektifitas."

Fokus forum kali ini adalah sistem operasi Tizen. Salah satu fitur utama yang membedakan Tizen dengan sistem operasi lain yang saat ini tersedia di pasar adalah keterbukaan source code secara penuh. Faktor ini memberikan kesempatan besar baik bagi pengguna dan pengembang, yang memungkinkan dalam mengatasi kebutuhan untuk meningkatkan kapasitas buat tugas-tugas tertentu organisasi.


"Kelebihan utama dari Tizen adalah lingkungan aman yang terpercaya, dan platform layanan difokuskan pada format "Internet of Things", untuk digunakan dalam berbagai perangkat," kata Andrey Tikhonov, Corporate Sales Director di Samsung Electronics Russia. "Salah satu prioritas utamanya adalah untuk memaksimalkan kontribusi pengembang di Rusia dalam struktur komunitas pengembang OS untuk mengembangkan dan membuat aplikasi sebanyak mungkin untuk akses ke pasar internasional."

Basis dasar dari platform Tizen adalah beberapa versi yang paling canggih dari Linux: MeeGo, LiMo dan bada. Platform ini menyediakan kompatibilitas penuh dengan standar terbaru dari web (W3C/HTML5/CSS3). Di antara karakteristiknya yang paling penting adalah built-in mekanisme keamanan dan enkripsi data, tools, aplikasi dan data, containerization yang secara signifikan akan mengurangi kebutuhan untuk sumber daya, efisiensi dan mengurangi konsumsi daya. Karakteristik dari platform ini secara signifikan akan memperluas kemungkinan perusahaan Rusia ketika membangun organisasi sistem digital yang terintegrasi, memastikan tingkat keamanan informasi dan komunikasi antar perangkat yang efisien dalam konsep "Internet of Things".

Fitur unik dari sistem operasi Tizen yang open source akan memungkinkan Samsung untuk memperkenalkan smartphone yang cocok untuk pasar Rusia, yang sepenuhnya konsisten dengan persyaratan keamanan informasi di Rusia. Platform hardware dari smartphone baru, Samsung Z3, telah dioptimalkan untuk digunakan oleh karyawan di perusahaan komersial dan instansi pemerintah. Pengalamam bertahun-tahun dan kepemimpinan teknologi dalam perangkat mobile dan studi yang mempelajari kebutuhan pelanggan, termasuk perusahaan-perusahaan besar, akan memungkinkan Samsung untuk menemukan keseimbangan yang optimal antara kinerja yang diperlukan untuk layanan enterprise dan aplikasi bisnis, serta kebutuhan bagi pengguna akhir. Sekarang, perusahaan secara efektif bisa memecahkan masalah dalam hal melengkapi karyawan dengan perangkat mobile yang terjangkau dan kuat, yang akan menghilangkan resiko kebocoran informasi rahasia, dan akses kepada pihak ketiga. Saat ini, perangkat Tizen telah berhasil menyelesaikan tahap pertama dari persyaratan sertifikasi untuk keamanan di Rusia oleh FSTEC. Tahap kedua dari sertifikasi pengujian diharapkan akan segera diterbitkan oleh FSB.



Igor Kalayda, CEO NII SOKB mengatakan: "Sisi dari Tizen adalah keterbukaan dan kemungkinan pengembangan lebih lanjut dalam hal interface dan keamanan. Ketika bekerja pada proyek ini, kami melihat cukup banyak potensi enterprise yang ditawarkan oleh Samsung, serta source code, dan adanya pengembang yang nyata, sehingga kita tahu dengan siapa kita akan terus bekerja sama. Kita juga melihat keinginan perusahaan dalam memperhitungkan kekhasan dari peraturan nasional dalam hal keamanan."

Igor Bogachev, wakil presiden Skolkovo Foundation mengatakan: "Saya selalu mendukung gagasan keterbukaan, dan saya suka upaya Samsung dalam hal cara mereka untuk membuat OS Tizen menjadi benar-benar terbuka, termasuk yang mereka lakukan untuk pasar Rusia dan pengembang di Rusia. Menurut pendapat saya, Samsung telah melakukan beberapa langkah yang sangat nyata. Yang paling penting dalam memulai penciptaan Tizen Association di Rusia, yang akan mencakup pemain utama di industri IT. Tizen adalah platform yang dapat dibuat oleh berbagai aplikasi dan teknologi untuk bisnis yang nyata. Tizen itu tidak hanya platform mobile, tetapi sistem operasi untuk "Internet of Things", dan ini memberikan kita kesempatan besar. Dalam rangka untuk menarik pengembang, Skolkovo Foundation bersama-sama dengan Samsung berencana untuk mengadakan kontes bagi para desainer muda, serta untuk membantu tim-tim yang sudah bekerja dengan sistem operasi ini."



Igor Agamirzyan, CEO dan Ketua Dewan Russian Venture Company (RVC) mengatakan: "Tizen adalah contoh yang baik dari keseimbangan dalam hal memberi manfaat bagi komunitas bisnis dan pengembang. Syarat yang penting untuk pengembangan proyek ini akan menjadi massa kritis untuk pengembang baru."

Dmitry Komissarov, CEO New Cloud Technologies mengatakan: "Tizen adalah sebuah sistem operasi baru yang menarik, dan sangat fundamental bagi kita untuk terlibat dalam proyek ini. Hal ini terutama untuk platform perusahaan, dan kami berencana untuk menghadirkan aplikasi kantoran dan Mail myOffice secara pre-installed pada smartphone enterprise dengan OS Tizen kantor dan surat aplikasi MoyOfis. Tizen saat ini memiliki semua peluang untuk mendapatkan sertifikasi tingkat tertinggi dan juga banyak permintaan di sektor komersial dan komunitas."

Alexander Galitsky, managing partner dari Almaz Capital Partners mengatakan: "Kami tertarik dengan keterbukaan dan kemampuan yang dibawa oleh Tizen untuk menerapkan pendekatan sistematis dalam mengelola berbagai kategori perangkat. Ini akan memberikan dorongan tambahan untuk start-up baru, yang memungkinkan mereka untuk menawarkan produk dan layanan, membawa bersama-sama sejumlah besar perangkat berbasis pada OS yang sama. Dalam hubungan ini, kita dapat mengharapkan kemunculan perusahaan-perusahaan baru yang menarik dalam industri yang berbeda."

Elena Nechaev, direktur pemasaran untuk bisnis dan produk di MTS mengatakan, "MTS adalah pemimpin di pasar korporasi di Rusia dan kami melihat pelanggan memiliki harapan yang tinggi untuk enterprise mobility dan persyaratan untuk keamanan informasi. Nama Samsung secara tradisional telah melekat erat pada segmen korporasi, dengan menawarkan desain yang inovatif ke pasar. Solusi berdasarkan Tizen, menurut kami, adalah kemudahan untuk mengintegrasikan ke layanan yang ada dari operator seluler, yang memungkinkan di masa depan untuk menawarkan produk-produk untuk pelanggan perusahaan."



Ilya Massukh, presiden Fond Informatsionnoy Demokratii mengatakan: "Platform Tizen sangat terbuka untuk pengembangan lebih lanjut, dan kami sudah memiliki mitra yang bekerja di aplikasi perkantoran dan lainnya. Menciptakan pusat pengembangan di Skolkovo adalah langkah yang tepat dalam arah ini. Di masa depan, pusat akan mempertemukan tim kecil yang akan mampu menawarkan aplikasi yang berguna dalam jumlah yang cukup. Ini akan memberikan kedaulatan digital dan kemerdekaan di dunia mobile."

Sergei Bugrin, kepala Red Hat untuk perwakilan Rusia mengatakan: "Tizen adalah satu-satunya sistem operasi berbasis Linux yang benar-benar terbuka. Juga telah mendapat sertifikasi FSTEC di Rusia. Membuat aplikasi berbasis Tizen akan menjadi terobosan inovasi besar di pasar IT Rusia."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar