Minggu, 25 Oktober 2015

Arsitek prosesor AMD dikabarkan bergabung ke Samsung


Samsung Electronics dikabarkan telah mempekerjakan mantan wakil presiden eksekutif di produsen chip prosesor Advanced Micro Devices (AMD) yang sebelumnya merancang prosesor aplikasi mobile untuk Apple iPhone maupun iPad, maupun AMD Athlon K7, K8 dan Zen.

Berdasarkan laporan terbaru, Jim Keller, mantan kepala arsitek inti mikroprosesor AMD yang sebelumnya terkenal sebagai 'dewa chip' di kalangan komunitas arsitektur CPU, baru-baru ini bergabung pusat R&D Samsung Semiconductor di Austin, Texas, untuk bekerja di divisi prosesor mobile.

Seorang juru bicara Samsung mengatakan laporan itu tampaknya didasarkan pada rumor,dan menambahkan bahwa perusahaannya tidak dalam posisi untuk mengkonfirmasi apakah mereka telah mempekerjakan Keller atau tidak. "Sepertinya laporan tersebut merupakan bagian dari spekulasi yang muncul setelah kepergian Keller dari AMD yang membuat publik terkejut pada bulan September," katanya.

Namun bukan berarti rumor ini sama sekali tidak berdasar.

Samsung Electronics sebelumnya dikabarkan telah mengembangkan sebuah arsitektur CPU yang sama sekali baru, yang untuk sementara disebut sebagai Mongoose, atau Exynos M1. Chip ini akan menjadi Samsung Exynos system-on-a-chip (SoC) baru yang akan ditanamkan pada smartphone high-end generasi berikutnya.

Samsung berhasil membuat industri terkesan saat memperkenalkan prosesor mobile Exynos 7420 baru yang dikembangkan sendiri untuk digunakan pada semua model smartphone Galaxy S dan Note terbaru, dengan tidak lagi menggunakan Snapdragon 810 terbaru dari Qualcomm seperti produsen Android lainnya. Namun meskipun Exynos 7420 diproduksi dengan teknologi eksklusif, namun desainnya masih berdasarkan pada standar ARM Cortex A57 dan A53 core.

Samsung masih belum bisa seperti Apple atau Qualcomm yang mampu mendesain chip mereka sendiri, walaupun masih berbasis teknologi ARM. Keuntungan Samsung dibanding Apple dan Qualcomm adalah mereka memiliki pabrik perakitan sendiri, tidak cuma desainer semata.

Setelah merancang berbagai core mikroprosesor di AMD, Keller kemudian bergabung dengan tim di Apple untuk merancang SoC Apple A4 dan A5, yang digunakan pada produk seperti iPhone 4, 4s, iPad dan iPad 2. Walaupun sudah tidak bekerja di Apple, namun banyak yang percaya bahwa peninggalan desain chip dari Keller masih digunakan oleh Apple untuk Apple SoC hingga yang terbaru.

Keller kemudian kembali ke AMD pada tahun 2012 dan meninggalkannya kembali setelah tiga tahun. Alasan utamanya adalah karena kemerosotan kinerja keuangan AMD setelah pasar PC yang menjadi target utama mereka terus melamban. Rumor muncul awal tahun ini yang mengatakan bahwa baik Samsung dan Intel sedang mempertimbangkan untuk membeli AMD, dan kemudian muncul juga nama Microsoft sebagai pembeli potensial.

AMD pada awal bulan ini mengumumkan bahwa mereka akan memangkas sekitar 500 karyawan, atau 5 persen dari keseluruhan tenaga kerja miliknya, sebagai bagian dari restrukturisasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar