Rabu, 09 September 2015

Aplikasi navigasi HERE diluncurkan untuk Samsung Gear S2


Aplikasi HERE untuk Samsung Gear S2 berbasis OS Tizen adalah aplikasi navigasi turn-by-turn yang dirancang secara eksklusif hanya untuk smartwatch Gear S2. Anda dapat menemukan HERE for Gear dengan mencari menu 'Navigator' pada Gear S2. Aplikasi HERE ini bekerja dalam companion mode dengan aplikasi HERE pada smartphone Android Anda. Anda bisa menginstal HERE untuk Gear S2 untuk membantu navigasi saat mengemudi atau berjalan. Aplikasi ini akan tersedia ketika Samsung Gear S2 tiba di toko-toko di seluruh dunia musim gugur ini.


Integrasi dengan Samsung Maps

Membangun kemitraan dengan Samsung yang diumumkan tahun lalu, HERE menjadi penyedia layanan berbasis lokasi pada perangkat Tizen seperti Samsung Gear S2 melalui HERE Mobile SDK. Samsung Maps yang terinstal di semua perangkat Samsung Gear S2 terintegrasi dengan HERE ketika Anda membutuhkan navigasi turn-by-turn.

Anda bisa menggunakan aplikasi Samsung Maps untuk melihat posisi Anda saat ini pada HERE maps dan mencari tempat-tempat seperti hotel, restoran atau bioskop terdekat. Setelah menemukan tempat yang diinginkan kemudian bisa memilih tombol informasi untuk mendapatkan rincian lebih lanjut tentang lokasi yang dimasud. Mengetuk ikon arah panah akan menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana dari posisi Anda saat ini. Pilih "Navigate" dari layar akan membuka aplikasi HERE untuk navigasi turn-by-turn saat berjalan atau berkendara.


Cara menggunakan aplikasi HERE pada Gear S2


Ketika aplikasi HERE dimulai, Anda akan melihat ikon berwarna hijau untuk menunjukkan bahwa lokasi Anda saat ini telah ditemukan. Untuk memilih panduan kearah tujuan, tarik jari Anda dari titik tengah di permukaan layar smartwatch ke bawah untuk melihat daftar baru pencarian lokasi dan tekan di atasnya. Atau, gunakan bezel berputar untuk memilih tujuan baru atau input teks apa saja untuk lokasi baru.


Ketuk lokasi untuk mengkonfirmasi dan rute mengemudi dan berjalan akan mulai dihitung. Gesek ke kiri atau memutar bezel untuk melihat pilihan rute yang lebih banyak. Tekan untuk memilih rute perjalanan atau mengemudi yang lebih disukai dan panduan navigasi akan dimulai.


Karena aplikasi HERE di Gear S2 dirancang untuk bekerja dalam companion mode, maka aplikasi HERE pada smartphone Anda akan secara otomatis mendeteksi bahwa Anda sudah memulai panduan navigasi sehingga Anda dapat melihat manuver Anda di peta. Demikian pula, mencari tempat dan mulai navigasi di aplikasi HERE pada ponsel Anda secara otomatis akan membuka aplikasi HERE pada Samsung Gear S2. Anda kemudian dapat menempatkan ponsel Anda dalam dudukan di mobil untuk panduan agar terus terlihat atau menyimpannya di tas Anda - karena Samsung Gear S2 akan memberitahu kapan Anda perlu berbelok.


Ketika Anda akan berbelok, layar Samsung Gear S2 akan berubah dengan manuver baru dan juga akan bergetar untuk menunjukkan bahwa sudah saatnya untuk berbelok serta bergetar ketika Anda telah mencapai tujuan Anda atau jika Anda sedang diarahkan kembali. Ketika Anda tiba di tempat tujuan Anda pilih "ok" untuk mengkonfirmasi dan aplikasi akan memutuskan panduan baik pada smartwatch dan pada ponsel Anda. Fitur notifikasi juga sangat berguna ketika Anda membutuhkan panduan untuk berjalan. Anda dapat meninggalkan ponsel di saku Anda dan mendapatkan peringatan halus di pergelangan tangan Anda sambil menjelajahi kota yang asing. Hal ini membuat Anda bebas untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di sekitar Anda, daripada terus berfokus pada layar ponsel Anda.

Aplikasi HERE pada Gear S2 juga bekerja dengan S Voice. Cukup memilih S Voice dari layar awal dan berbicara arah tujuan Anda, misalnya "Arahkan ke bandara Heathrow," dan HERE akan mulai menghitung panduan rutenya.

"Ini benar-benar penting bagi Samsung dan HERE untuk menciptakan pengalaman navigasi turn-by-turn untuk Gear S2 yang tidak akan mengalihkan perhatian pengemudi," kata Mateusz Tomaszewski, Principal UX Designer di HERE. "Bekerja sama dengan tim UX di Samsung, kami mempelajari, menguji dan kemudian datang dengan pola getaran yang berbeda untuk belokan kiri dan kanan sehingga Anda tidak perlu mengalihkan pandangan mata Anda dari jalan untuk tahu langkah yang perlu diambil selanjutnya."





Ada beberapa keuntungan dari aplikasi HERE yang bekerja dalam companion mode dengan aplikasi HERE pada smartphone Anda. Hal ini menempatkan jumlah yang tepat dari informasi yang Anda butuhkan di pergelangan tangan Anda untuk tetap ringan, tampil ramping dan membiarkan smartphone untuk melakukan pengolahan yang berat, membantu menghemat baterai pada smartwatch. Tidak perlu juga untuk mengirim rute bolak-balik antar perangkat karena aplikasi Navigator pada Samsung Gear S2 secara otomatis akan mulai berjalan ketika Anda mulai melakukan navigasi dari aplikasi HERE pada smartphone Anda dan begitu pula sebaliknya. Companion mode juga berarti bahwa ketika Anda mencari tempat di aplikasi HERE pada smartphone Anda, Anda akan melihat tempat-tempat yang sama muncul dalam daftar terbaru ketika Anda mulai Navigator pada Samsung Gear S2 sehingga mudah untuk menemukan tempat yang Anda butuhkan untuk panduan navigasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar