Selasa, 04 Agustus 2015

Tizen salip Firefox OS di Q2 2015


Menurut penelitian terbaru dari firma riset pasar Strategy Analytics, industri smartphone mengalami tingkat pertumbuhan paling lambat selama enam tahun terakhir pada kuartal kedua tahun 2015. Hampir semua OS untuk smartphone mengalami penurunan pangsa pasar dalam hitungan tahunan, terkecuali dua OS yang terus tumbuh secara signifikan.

Pengiriman smartphone global tumbuh hanya 15 persen per tahun dari 295,0 juta unit di Q2 2014 ke 339,5 juta di Q2 2015. Kuartal ini adalah tingkat pertumbuhan paling lambat di industri smartphone selama enam tahun terakhir, sejak resesi ekonomi global yang mengalami puncaknya di Q3 2009. Pertumbuhan smartphone melambat karena meningkatnya penetrasi jatuh tempo di pasar utama di Amerika Serikat, Eropa dan China.

Laporan terbaru 'Global Smartphone OS Market Share by Region: Q2 2015’ dari Wireless Smartphone Strategies (WSS) research service di Strategy Analytics menyebutkan bahwa Android mengalami sedikit penurunan dalam hitungan tahunan di pangsa pasar smartphone global selama Q2 2015, sementara Apel memperoleh traksi, yang didorong oleh permintaan yang kuat untuk iPhone 6 dan 6 Plus. Microsoft dan BlackBerry juga melayang turun, sementara Tizen mencatat pertumbuhan yang nyata berkat kejayaan Samsung Z1 di pasar smartphone Asia Selatan dan menyalip Firefox OS untuk pertama kalinya.

Linda Sui, analis di Strategy Analytics mengatakan bahwa pasar smartphone membutuhkan transformasi desain untuk merevitalisasi pertumbuhan di masa depan, seperti penggunaan layar fleksibel agar bisa dilipat atau digulung.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar